Selamat datang di Snow Wolf of Peaceful, Terima Kasih telah berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar | Selamat datang di www.hshirokuro.blogspot.com | Apabila ada artikle yang tidak layak / SARU harap coment di blog ini atau bisa memberi tahu lewat Twitter kami | Terima Kasih telah berkunjung |

Senin, 18 Juni 2012

Review: Ronaldo Gemilang, Belanda Pulang

Dua tim yang masih menyimpan harapan untuk lolos bertemu di matchday terakhir Grup B Euro 2012. Portugal yang lebih berpeluang lolos menghadapi Belanda yang peluangnya super tipis. Laga ini dilangsungkan di Oblasny SportKomplex Metalist, Kharkiv pada Senin (18/06).

Cristiano Ronaldo membungkam semua orang yang mengkritiknya saat pertandingan melawan Denmark. Saat timnya membutuhkan kemenangan, Ronaldo menjawabnya dengan gemilang. Sempat tertinggal lebih dulu, Ronaldo mencetak dua gol untuk membawa Portugal menyudahi perlawanan Belanda.

Belanda yang butuh kemenangan besar langsung tampil menyerang mulai menit pertama. Di sepuluh menit pertama, Belanda lebih menguasai pertandingan dan berhasil menciptakan beberapa peluang gol.

Rafael van der Vaart berhasil membawa Belanda unggul di menit 11 lewat tendangan cantik dari luar kotak penalti. Robben melakukan tusukan di sayap kanan lalu mengirim umpan tarik kepada Rafael Van der Vaart. Sang kapten tak membuat kesalahan dengan membuat golazo lewat tendangan melengkung.

Portugal seperti tersentak dengan gol Belanda itu. Perlahan tapi pasti, anak asuh Paulo Bento mulai menguasai pertandingan dengan mengandalkan kecepatan para winger mereka. Beberapa kali Portugal mengancam gawang Stekelenburg lewat peluang yang didapat oleh para penyerang mereka.

Puncaknya, Cristiano Ronaldo yang banyak dikritik di pertandingan terakhir melawan Denmark menunjukkan kualitasnya. Lepas dari perangkap offside, Ronaldo dengan mudah menjebol gawang Stekelenberg pada menit ke 28.

Skor 1-1 bertahan hingga babak pembuka selesai.

Memasuki babak kedua, Portugal seperti kehilangan momentum yang mereka miliki di babak pertama. Tapi organisasi permainan Belanda juga tidak tertata dengan rapi.

Hingga 20 menit babak kedua berjalan, kedua tim nampak lebih memprioritaskan untuk mencegah kebobolan ketimbang mencetak gol. Keadaan baru berubah ketika kedua pelatih membuat pergantian pemain.

Imbas dari masuknya pemain-pemain baru, penyerangan kedua tim jadi lebih hidup. Dan ternyata pergantian Paulo Bento yang lebih efektif.

Lewat skema serangan balik yang cepat, Portugal menggebrak lewat Nani yang menyisir di sisi kanan. Pergerakan Nani membuat Ronaldo terbebas dari kawalan bek-bek Belanda. Ronaldo dengan tenang melepaskan tendangan dari jarak dekat. Usai sudah perjuangan Belanda.

Sampai peluit panjang ditiup wasit Nicola Rizzoli, kedudukan tetap 2-1 untuk Portugal.

Belanda harus mengakhiri kiprah mereka di Euro 2012 dengan hasil tanpa poin di fase grup. Kekecewaan besar tentunya bagi publik Belanda, mengingat sebelum turnamen, mereka adalah salah satu favorit juara.

Hasil ini membuat Portugal lolos menemani Jerman yang di saat bersamaan mengalahkan Denmark, juga dengan skor 2-1. Jerman menjadi pemuncak Grup B dengan nilai sempurna 9, sedangkan Portugal di posisi dua dengan nilai 6.

Susunan pemain Portugal: Rui Patricio; Bruno Alves, Pepe, Fabio Coentrao, Joao Pereira; Miguel Veloso, Joao Moutinho, Raul Meireles (Custodio 72'); Nani Rolando (87'), Cristiano Ronaldo; Helder Postiga (Oliveira 64').

Susunan pemain Belanda: Stekelenburg; Van der Wiel, Mathijsen, Vlaar, Willems (Afellay, 67); Nigel de Jong, Sneijder, Robben, Van der Vaart; Huntelaar, Van Persie.

Statistik Portugal - Belanda
Penguasaan bola: 38% - 62%
Shot (on goal): 24 (8) - 14 (3)
Corner: 7 - 5
Pelanggaran: 17 - 12
Offside: 4 - 1
Kartu kuning: 1 - 2
Kartu merah: 0 - 0
Penyelamatan: 2 - 6

Pencetak gol: Van der Vaart (11'), Ronaldo (28'), Ronaldo (74')

Kartu kuning: Willems (51'), Van Persie (69'), Pereira (90')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arigato atas kunjungan dan komentar agan. Komentar yang anda berikan menjadi motivasi saya membuat blog ini tetap hidup. Silahkan beri komentar yang berkaitan dengan artikel, blog, saran. Jangan berkomentar dengan bahasa yang tidak sopan.