Selamat datang di Snow Wolf of Peaceful, Terima Kasih telah berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar | Selamat datang di www.hshirokuro.blogspot.com | Apabila ada artikle yang tidak layak / SARU harap coment di blog ini atau bisa memberi tahu lewat Twitter kami | Terima Kasih telah berkunjung |

Minggu, 17 Juni 2012

Olahraga Di Malam Hari Membuat Susah Tidur


Olahraga atau latihan fisik penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, rutinitas kerja membuat orang tidak cukup waktu untuk berolahraga dan membuat malam hari adalah waktu luang satu-satunya. Tapi benarkah olahraga di malam hari bikin orang sulit tidur?

Banyak yang menganggap bahwa olahraga di malam hari atau menjelang tidur dapat membuat tidur Anda tidak berkualitas. Tapi sebenarnya kondisi ini hanya berlaku untuk beberapa orang dengan kondisi tertentu, seperti dilansir Livestrong, Selasa (22/3/2011).

Untuk sebagian besar orang, olahraga di malam hari bahkan 30 menit sebelum tidur tidak membawa dampak buruk, termasuk pada kualitas tidur.

Yang sering ditakutkan adalah ketika melakukan olahraga berat tubuh melepaskan adrenalin dan noradrenalin, dua stimulan dalam tubuh yang meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh. Latihan pada tingkat ini dapat menyebabkan orang merasa lebih waspada dan terjaga.

Rekomendasi waktu yang tepat untuk melakukan olahraga sangat bervariasi dari berbagai sumber, walaupun banyak yang mengatakan olahraga pagi hari paling bermanfaat.

University of Maryland Medical Center menganjurkan untuk menghindari latihan berat dua jam sebelum waktu tidur. Tetapi bagi orang yang mengalami gangguan tidur atau insomnia, olahraga malam dapat membantu Anda tidur lebih awal dan lebih dalam.

"Kaitan antara lahraga malam hari dan gangguan tidur belum jelas," jelas Shawn Youngstedt, peneliti exercise science di University of South Carolina.

Menurutnya, olahraga malam dapat membantu orang yang mengalami insomnia lebih rileks dan mengurangi kecemasan yang berkaitan dengan tidur.

Tapi hubungan antara olahraga dan tidur berbeda dari orang ke orang. Beberapa orang yang melakukan latihan keras sebelum tidur tidak mengalami gangguan tidur sama sekali, bahkan latihan tersebut membuatnya dapat tidur lebih nyenyak.

Bagi orang yang mengalami kesulitan tidur saat olahraga malam, maka sebaiknya hindari kegiatan tersebut dan pilih kegiatan yang membuat Anda santai, seperti membaca buku atau mendengarkan musik santai, mengurangi kebisingan yang berlebihan dan membuat kamar dingin dan nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arigato atas kunjungan dan komentar agan. Komentar yang anda berikan menjadi motivasi saya membuat blog ini tetap hidup. Silahkan beri komentar yang berkaitan dengan artikel, blog, saran. Jangan berkomentar dengan bahasa yang tidak sopan.