Selamat datang di Snow Wolf of Peaceful, Terima Kasih telah berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar | Selamat datang di www.hshirokuro.blogspot.com | Apabila ada artikle yang tidak layak / SARU harap coment di blog ini atau bisa memberi tahu lewat Twitter kami | Terima Kasih telah berkunjung |

Senin, 23 Juli 2012

Mie Ramen Kesukaan Naruto

[step 1] Bahan-bahannya :
3/4 Cups tepung (ane lupa ukurannya untuk indonesia)
1 butir telur
3/4 sendokteh garam (ato sesuai selera)
1sendok makan air (tergantung air dan kelembapan)

[step 2] Campur bahan adonan
Campur tepung + garam, bikin lobang di tengah, masukin telur amam air di lobang yg dibuat tadi, lalu campur
 pelan2

[step 3] Ngulet adonan
Setelah adonan kurang lebih tercampur, angkat ke tempat yg agak bersih dan mulai mengulet lagi. aonan ini agak lebih lengket dari adonan roti.
Adonan siap jika tangan anda menjadi rada bersih dan adonan tidak lengket seperti sebelumnya(dan tangan pegel semua). jika benar, seharusnya anda bisa mengangkat tangan anda dan adonan akan turun dalam 1-2 detik.
Jika terlalu lengket, tambahkan tepung dan ulet lagi. jika tidak lengket, tambahkan beberapa tetes air.
 
 
[step 4] Istirahatkan adonan
Adonan perlu diistirahatkan sebelum dibentuk / dimelarin. klo nggak, mienya ntar jelek n tipis.
selimuti adonan pake serbet n diemin +- 30 menit. ( serbet bersih jgn serbet bekas )
[step 5] Saatnya motong mie
Ambil adonan (jika anda bikin 2 ato 3 porsi, bagi menjadi 1 porsi. Klo nggak, qta akan dapet 1 bola adonan yg besar. taburi beberapa tepung pada adonan, ambil gilingan dan mulai menggiling adonan. klo da mesin yg biasa dipake ama orang jualan molen, pake aja. (ane gak punya. makanya giling manual)
jika bisa, ketebalan mie-nya +- 1mm. jika mulai lengket, taburi tepung lagi. jika adonan kembali ke bentuk semula (bola),
 
[step 6] Potong adonan jadi mie
Ambil talenan n taruh adonan diatasnya. taburi tepung biar gak lengket coz klo lengket ramen-nya gak jadi. pake mesin buat nyetak mienya juga bisa koq. Fungsi tepung dsini selain biar gak lengket, juga menjaga agar mie-nya nggak lepas. sambil motong, siapin air biar mendidih.

[step 7] Masak mie-nya
Setelah air mendidih, kasih garem dan cerai beraikan mie-nya pake sumpit. kalo anda buang begitu saja, mie-nya akan lengket jadi satu, aduk mie-nya pake sumpit.  Asal airnya banyak n masih mendidih,seharusnya mienya mulai mengembang n ngapung. biasanya sich +- 4 menit ane rebus mie-nya. asal udah terasa lembut n kenyal, angkat mienya. Biasanya waktu ngerebus mie-nya, ane masukin sosis ama sayuran biar setengah matang.
 
>>>[SUP] tambahkan sup, makan deh….
Biasanya sih pake kaldu ayam + shoyu (ato miso). Jika males, pake bumbu dari mie instan juga boleh. Jangan pake shoyu ato miso tanpa kaldu coz ntar jelas rasanya ancur2an. Untuk sayuran, terserah anda. Untuk daging, sesuai selera. Sebagai variasi, bisa ditambahin telur mentah pada penyajian ato telur rebus juga boleh..
 
Variasi

Selamat mencoba ya… ittada kimazu ne…. nyum nyummmm….  Makan_do

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arigato atas kunjungan dan komentar agan. Komentar yang anda berikan menjadi motivasi saya membuat blog ini tetap hidup. Silahkan beri komentar yang berkaitan dengan artikel, blog, saran. Jangan berkomentar dengan bahasa yang tidak sopan.