Selamat datang di Snow Wolf of Peaceful, Terima Kasih telah berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar | Selamat datang di www.hshirokuro.blogspot.com | Apabila ada artikle yang tidak layak / SARU harap coment di blog ini atau bisa memberi tahu lewat Twitter kami | Terima Kasih telah berkunjung |

Rabu, 20 November 2013

Kesehatan


Cara mencegah Mabuk
Halo jumpa lagi dengan S.W.O.P, kali ini S.W.O.P akan membahas suatu hal yang ada kaitannya dengan kesehatan dan hal ini sering sekali terjadi pada anda-anda sekalian, tahukah apa itu ??? yap mabuk perjalanan, baik itu mabuk darat,laut maupun udara. Alhamdulilah sih saya belum pernah mengalami mabuk darat dan laut, kalau udara gak tau kan belum pernah tapi semoga sih kaga mabuk.
Mual, keringat dingin, sakit kepala, muntah, dan kelelahan yang merupakan gejala mabuk yang bisa amat mengganggu kesenangan berlibur. Ketika tubuh bergerak tanpa dikontrol seperti ketika berada dalam kendaraan, mata, telinga bagian dalam, dan tubuh mengirim pesan yang saling bertentangan ke otak yang akhirnya memicu mabuk perjalanan. Nah begitu pengertian singkat mengenai terjadinya gejala mabuk.

Nah di artikel khusus ini saya akan membuat artikel kesehatan tentang mabuk perjalanan, kenapa saya katakan artikel khusus,yah karena artikel ini khusus saya buat untuk orang yang saya cinta yang dia katanya juga mabuk perjalanan (menurut informan saya sih), nah saya hanya ingin membantu agar dia tidak mabuk perjalanan lagi paling tidak ya mencegah lah, ya agar dia bisa menikmati perjalanan saat sedang liburan ataupun bepergian, dan setelah membaca artikel ini semoga kalian bisa sehat saat diperjalanan,amin.
Sekarang saya akan membagi informasi tentang cara mencegah mabuk kalau bisa sih sampai sembuh lah, check it out !!! :
1. Menyesuaikan asupan makanan dan mendapatkan cukup istirahat sebelum bepergian.
Hindari makan terlalu banyak makanan yang lambat dicerna, makanan pedas, makanan berlemak dan asam setidaknya sehari sebelum melakukan perjalanan. Konsumsi makanan kecil sekitar dua jam sebelum bepergian sehingga makanan dapat mulai dicerna. Hindari alkohol dan kafein sebelum dan selama perjalanan karena membuat tubuh menjadi dehidrasi dan memicu mabuk. Alih-alih alkohol dan kafein, minum air sebagai gantinya.
2. Mengkonsumsi produk jahe sebelum bepergian.
Konsumsi sampai 4 gram jahe dalam bentuk tablet, kapsul, bubuk, atau teh sebelum bepergian. Minum minuman jahe atau makan beberapa kue juga dapat membantu mencegah mabuk laut. Jahe merupakan herbal alami yang ampuh membantu mencegah dan mengatasi mual yang disebabkan oleh mabuk perjalanan..
3. Memakai gelang akupresur.
Gelang yang merangsang titik akupunktur, yang dikenal pula sebagai Pericardium 6 dapat dibeli secara online atau dari toko-toko kesehatan.
Sebagai alternatif, tekan titik Perikardium 6 dengan jari tengah dan telunjuk. Titik ini terletak sekitar 5 cm di atas pergelangan tangan, pada lengan bagian dalam.
4. Lakukan teknik pernapasan dalam yang secara alami akan menenangkan Anda dari gejala mabuk perjalanan. Tutup mulut dan ambil napas dalam-dalam melalui hidung. Isi paru-paru dalam empat hitungan. Kemudian tahan napas selama tujuh hitungan. Setelah itu, hembuskan napas keluar melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi teknik pernapasan ini tiga kali.
5. Minum 2 sampai 4 cangkir teh peppermint sehari sebelum melakukan perjalanan untuk mencegah mabuk. Masukkan tiga lembar daun peppermint dalam cangkir. Isi gelas dengan air panas kemudian ditutup. Biarkan sekitar 10 menit sebelum meminumnya. Cara lain, ambil tablet peppermint dua sampai tiga kali per hari sebagai alternatif. Peppermint dipercaya mampu mencegah mabuk perjalanan dengan efektif.
6. Pilih tempat yang relatif stabil seperti duduk dikursi depan atau dibelakang supir bila menggunakan mobil
7. Jangan membungkuk atau melihat kebawah saat kendaraan melaju, lebih baik mendengarkan musik. Ini pada intinya adalah mengalihkan pikiran ke hal yang membuat rileks dan senang
8. Fokuskan pandangan kedepan seperti melihat pemandangan, sawah atau benda benda yang sejuk dan tidak bergerak bisa juga melihat wajah pacar anda , hahahaha
9. Minum obat anti mabuk
10. Posisikan badan ada pada posisi tenang dan rileks
11. Gunakan minyak kayu putih pada sekitar dada, leher dan perut jika sudah terlanjur mabuk, bisa juga istirahat , minum air putih/yang mengandung jahe, atau makan buah buahan yang segar segar
12. Bila mual tidak juga reda anda bisa lakukan gerakan jari dengan cara mengepalkan kemudian melepaskan dan kemudian lemaskan jari-jari tangan dan kaki berulang-ulang agar peredaran darah ke otak menjadi lancar
13. Bila sudah tak tertahankan lebih baik berhenti dan muntahkan saja maka biasanya tubuh menjadi lebih baik
14. Jika anda mudah mual sebaiknya jangan dekat dengan orang yang juga mualan.
15. Jangan membaca buku !!!            
16. Atur sirkulasi udara
17. Kurangi pergerakan kepala
18. Pastinya jangan lupa bernafas ya!!!! :D
19. Jangan makan e-mie
20. Pusernya ditutup, mungkin bisa pake salon pas yang digunting agak kecil

Nah mungkin saya hanya dapat segitu, jika ada lagi maka akan saya tambahkan diatas. Oh ya ini juga ada obat ramuan tradisional tapi yah gak tau ampuh apa kagak :
1. Jeruk Nipis diperas dan diambil airnya bukan ampasnya
2. Tambahkan air dan gula supaya nikmat
3. Minum deh sebelum berangkat

Sumber : informasi di google
copyright by S.W.O.P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arigato atas kunjungan dan komentar agan. Komentar yang anda berikan menjadi motivasi saya membuat blog ini tetap hidup. Silahkan beri komentar yang berkaitan dengan artikel, blog, saran. Jangan berkomentar dengan bahasa yang tidak sopan.