Selamat datang di Snow Wolf of Peaceful, Terima Kasih telah berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar | Selamat datang di www.hshirokuro.blogspot.com | Apabila ada artikle yang tidak layak / SARU harap coment di blog ini atau bisa memberi tahu lewat Twitter kami | Terima Kasih telah berkunjung |

Jumat, 26 April 2013

Cinta Budaya dan Pariwisata Kebumen


INDAHNYA KEBUMEN

 

                Kabupaten Kebumen terletak di pulau Jawa, lebih tepatnya berada di Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten Kebumen berpusat di Kota Kebumen lebih tepatnya lagi berada di alun-alun Kebumen, satu-satunya alun-alun yang terbesar yang dimiliki  Kabupaten Kebumen tercinta ini. Sejarah Kebumen tidak dapat dipisahkan dengan sejarah Kerajaan Mataram Islam karena adanya peristiwa yang berkaitan dengan yang dialami Kerajaan Mataram. Hari jadi Kebumen jatuh pada tanggal 1 Januari berdasarkan Perda Kab. Kebumen nomer 1 tahun 1990.

Kebumen memiliki slogan “KEBUMEN BERIMAN”, Kebumen dengan slogannya “Kebumen Beriman” yang  memiliki arti bahwa Kebumen itu Bersih, Indah, Manfaat, Aman,dan Nyaman. Di Kebumen juga akan dijumpai banyak patung burung lawet karena dahulunya itu didaerah Kebumen terdapat banyak sekali sarang burung lawet dan tentunya juga ada banyak burung lawetnya, oleh karena itu dibuatlah banyak patung burung lawet yang bisa anda temukan disekitar jalan-jalan jika anda melewati daerah Kebumen. Sebenarnya daerah Kebumen juga memiliki tempat-tempat wisata, makanan khas, dan kebudayaan yang sangat bagus dan sangat menarik yang tidak kalah menariknya dengan daerah-daerah lain di Indonesia terutama disekitar daerah Kebumen. Berbagai tempat wisata dan kebudayaan kebumen merupakah salah satu aset penting yang dimiliki oleh Kebumen yang sangat bermanfaat untuk ilmu pengetahuan tentunya dan berikut adalah beberapa tempat wisata, makanan khas dan kebudayaan yang dimiliki oleh daerah Kebumen :
o   Goa Petruk
Lokasinya Berada Di Dukuh Mandayana Desa Candirenggo Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Nama Petruk berasal dari salah satu tokoh pewayangan yang mempunyai hidung panjang dan ia merupakan ponokawan yang setia. Goa ini memiliki 3 bagian atau dibagi menjadi 3 bagian, bagian pertama bagian pertama dari Goa ini hanya terdapat beberapa kelompok kelalawar dan bau kotoran kelalawar yang agak kurang sedap, bagian yang ke dua  Goa ini dinamakan Goa Semar yang terdapat  batu stalaktit dan stalagmit yang mempesona  dan yang ketiga dinamakan Goa Petruk dinamakan demikian karena dulunya terdapat batu yang memiliki wujud seperti hidung petruk, jika kata orang-orang tempat yang paling menarik pengunjung adalah batu payudara.

o   Goa Jatijajar
Goa Jatijajar adalah goa alam yang terletak di desa Jatijajar, Kecamatan Kebumen, Jawa Tengah. Nama Jatijajar berasal dari kata jati dan jajar. Jati berarti nama pohon, Jajar berarti sejajar .  Goa Jatijajar identik dengan sebuah legenda masyarkat Jawa Barat yaitu Raden Kamandaka (Lutung Kasarung). Di dalam goa terdapat 4 ( empat ) sendang, yaitu Sendang Mawar, Kantil Jombor, dan Puserbumi. Terdapat pula stalaktit dan stalakmit. Obyek wisata unggulan ini menyajikan Rest Area, pasar souvenir, konveksi dan makanan khas. Di komplek/kawasan obyek wisata Goa Jatijajar terdapat 3 (tiga) goa yaitu Goa Dempok, Goa Intan dan Goa Jatijajar. Yang lebih menarik lagi di dinding atas Goa Jatijajar terdapat beragam tulisan dari pengunjung yang pernah datang ratusan tahun yang lalu.
o   Waduk Wadas Lintang
Waduk Wadaslintang terletak diperbatasan Kabupaten Kebumen dan Wonosobo. Daerahnya berudara sejuk, dengan panorama alam pegunungan di sekitarnya yang begitu alami. Waduk Wadaslintang dibangun cukup lama, sekitar 7 tahun, mulai dikerjakan tahun 1982, dan diresmikan oleh Presiden Soeharto awal tahun 1988. Arealnya di lembah yang cukup curam, tanah yang diperlukan untuk kawasan waduk tersebut mencapai 2.626 ha. Sehingga pada awal pembangunannya harus memindahkan sekitar 7.000 penduduk di perbatasan Kabupaten Kebumen-Wonosobo. Tinggi bendungan 116 m lebar 10 m dan panjang 650 m, berisi air maksimal 443 juta M3. Waduk Wadaslintang benar-benar tidak saja berfungsi sebagai tempat wisata. Tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk olah raga air, serta yang lebih utama manfaatnya di bidang irigasi.
o   Pantai Karangbolong
Pantai Karangbolong Kebumen terletak di Kabupaten Kebumen Kecamatan Buayan. Pantainya merupakan pantai landai berpasir yang cukup luas, dibatasi oleh perbukitan yang disusun oleh batuan sedimen klastik asal gunung api. Karangbolong juga mempunyai sebuah gua bernama Gua Karangbolong. Kawasan ini terkenal dengan sarang burung waletnya atau emas putih, yang merupakan komoditi andalan Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen. Di lokasi pantai juga terdapat sebuah gua tiruan, atau lebih dikenal dengan sebutan Gua Petunjuk dinamakan Gua Petunjuk , dikarenakan dari gua ini para pengunduh sarang burung mencoba merakit cara masuk ke dalam gua yang ada sarang burungnya.
o   Pantai Suwuk
Pantai Suwuk Terletak Di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Pantai Suwuk sangat dekat dengan Jalur Selatan Kebumen atau jalan daendeles (Jalur Alternatif Jogja-Cilacap). Pantai suwuk merupakan pantai laut selatan yang langsung menghadap samudera Indonesia. Pantai Suwuk juga dibatasi oleh pantai Karang Bolong disini juga ada pemandangan pegunungan kapur yang indah, dipantai ini juga terdapat kebun binatang, pasar, area bermain dan area untuk jogging yang baru-baru ini dibuat oleh pemerintah Kabupaten Kebumen untuk menambah ketertarikan pengunjung yang datang.
o   Pantai Petanahan
Pantai Petanahan terletak di desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen. Pantai Petanahan memang memiliki ombak yang terkenal ganas dengan tinggi sekitar 3meter sehingga pengunjung dilarang mandi dipantai tapi tetap saja masih ada pengunjung yang menghiraukan aturan tersebut, Pantai Petanahan memiliki pemandangan pantai yang lumayan indah dan pengunjung bisa berfoto-foto di bibir pantai dengan latar belakang ombak yang sedang dating, di pantai ini juga terdapat warung-warung warga yang berada dekat dengan bibir pantai.
o   Pantai Pasir
Pantai ini adalah tempat pelelangan ikan (TPI) di Kabupaten Kebumen dan jarang dikenal oleh wisatawan, tapi pantai ini menyimpan keindahan yang tersembunyi karena kealamiannya dan pantai ini memiliki hamparan pantai yang sangat luas. Pantai ini terletak di cekungan laut kecil dan disebelah kanan kirinya adalah deretan pegunungan dan karang.
o   Pantai Bocor
Pantai yang terletak disebelah timur kali Lukulo, pantai yang dikenal dengan kawasan urut sewu sangat cocok untuk berlibur bersama teman-teman maupun keluarga, tapi menurut kata warga jangan dating dengan berpakaian warna hijau karena lautnya merupakan wilayah Nyi Roro Kidul.
o   Pantai Tanjung Bata dan Menganti
Pantai ini memang tidak seterkenal pantai logending tapi memiliki karakteristik yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Pantai ini cantik, pasirnya putih namun ombaknya ganas, tapi tempat ini adalah tempat para fotografer dan peselancar, pantai ini seolah-olah Pantai Kuta Bali yang berada di Kebumen.
o   Pantai Logending
Pantai Logending atau sering disebut dengan Pantai Ayah terletak di Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai ini jika dilihat dari pinggiran tebing yang ada disekitar pantai akan terlihat sangat indah cocok untuk berlibur anda sekeluarga ataupun dengan pasangan anda. Pantai Ayah juga menyediakan penyewaan kapal untuk berkeliling mengitari pantai, disini juga terdapat toko-toko yang menyediakan souvenir. Disini juga terdapat warung makan seafood yang enak-enak.
o   Benteng Van Der Wijck
Benteng ini terletak di Kota Gombong, Kabupaten Kebumen. Benteng dengan dominan warna merahnya menyimpan banyak peristiwa sejarah, dibenteng ini disediakan banyak fasilitas seperti area bermain, kolam renang, kendaraan perang peninggalan jaman peperangan dan masih banyak lagi.
o   Waduk Sempor
Waduk Sempor merupakan bendungan aliran air sungai Cincingguling. Waduk sempor adalah tempat wisata yang memiliki panorama cantik dari teknologi manusia dan pemandangan gunung yang indah.  Waduk ini terletak sekitar 10kilometer arah utara dari Gombong.
o   Waduk Tanggulangin
Waduk ini terletak di Desa Tanggulangin, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen. Tempat ini adalah muara dari sungai Lukulo. Waduk ini adalah waduk favorit bagi para pemancing, dengan tempat yang sangat luas, dari pagi hingga malam anda bias menemui para pemancing setia dari daerah Kebumen dan ditempat ini juga memiliki panorama yang indah tentunya. Dan jika anda hobi memancing tidak ada salahnya anda mencoba memancing disini bukan.
o   Waduk Pejengkolan
Waduk ini terletak di Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen. Waduk pejengkolan adalah tempat wisata yang menarik apalagi untuk kalian para pemuda-pemuda. Waduk ini memiliki pemandangan yang indah dan alami dengan udara yang masih segar alami tentunya.
o   Waduk Jembangan
Waduk ini terletak di Kecamatan Poncowarno Kebumen. Waduk ini tidak kalah menarik dengan waduk-waduk lainnya yang ada di Kabupaten Kebumen, tempatnya sangat indah, sejuk dan sangat cocok untuk wisata alam bersama keluarga anda.
o   Pemandian Krakal
Pemandian ini terletak di Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, nama krakal diambil dari nama desa di Kecamatan Alian. Pemandian Air Panas Krakal lebih sering digunakan untuk sarana medis karena pemandian ini mengandung belerang yang sangat baik manfaatnya untuk kesehatan, disini juga terdapat seperti taman kecil untuk sekedar menyejukan badan dan disebelah barat juga ada lapangan yang lumayan luas yang bisa digunakan untuk berolahraga ataupun untuk kegiatan perkemahan.
o   Lipi Karangsambung
Lipi Karangsambung atau lebih dikenal dengan Cagar Alam Karangsambung tempat ini merupakan laboratorium alam yang menarik untuk obyek penelitian maupun sebagai tujuan wisata alam.  Cagar Alam ini terletak disebuah desa yang berada di utara kota Kebumen, tempat ini menyimpan banyak sekali informasi-informasi pendidikan geologi jadi sudah pasti sangat penting bagi anda untuk mengunjunginya.
o   Curug Wadasmalang
Disini kita akan ditawarkan dengan pesona alam yang indah, asri, sejuk dan airnya juga sangat jernih. Curug ini cocok untuk wisata bersama teman atau keluarga anda.
o   Curug Karanggayam
Curug atau air terjun ini terletak di Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen. Lokasinya sekitar 1KM dari Desa Gunungsari. Tempat ini sering disebut curug yang tidak tersentuh, memang tempat ini belum terawat dengan baik tapi tetap cocok untuk wisata bersama keluarga anda karena tempatnya mengasyikan.
o   Curug Sruweng
Curug ini menyediakan pemandangan yang alami dan indah dengan keelokan pegunungan yang berada disana, dan kita juga akan merasakan hangatnya alam karena dari jalan raya menuju air terjun ini akan ditempuh dengan berjalan kaki, tapi pasti memuaskan deh.
o   Arum Jeram Padegolan
Tempat wisata yang satu ini bisa anda mulai dari Desa Sendang Dalem, Kecamatan Prembun, daerah Waduk Lintang, Kebumen dan akan berakhir di Bendungan Pejengkolan. Air sungainya jernih dengan sungai yang berkelok-kelok dengan batu yang besar-besar. Jika anda suka adrenalin silahkan saja kunjungi Arum Jeram ini.

Berikut ini makanan khas yang dimiliki daerah Kebumen dan tentunya lezat-lezat :
o   Sate Ambal
o   Lanthing
o   Bengkoang
o   Gula Merah
o   Jipang Kacang

            Sebenarnya masih banyak lagi tempat- tempat wisata yang ada di daerah Kebumen, karena Kebumen sebenarnya adalah surge kecil dari dunia yang memiliki banyak aset-aset penting yang berguna bagi pendidikan dan hiburan, untuk itu tetap lestarikan dan jagalah segala yang dimiliki daerah Kebumen tercinta ini. Tetap maju Kebumen tercintaku ! 





Yah alhamdulilah artikel ini bisa mendapatkan juara !!! 

 Yeyeye prok prok prok bisa dapat juara 1 yeeee !!!!!
Dan saya ucapkan terimakasih untuk yang mendukung saya
saya juga ucapkan terimakasih bagi yang tidak mendukung , nah loh !
ya pokoknya terimakasih bagi yang sudah berkunjung
semoga artikel ini bermanfaat !!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arigato atas kunjungan dan komentar agan. Komentar yang anda berikan menjadi motivasi saya membuat blog ini tetap hidup. Silahkan beri komentar yang berkaitan dengan artikel, blog, saran. Jangan berkomentar dengan bahasa yang tidak sopan.