Selamat datang di Snow Wolf of Peaceful, Terima Kasih telah berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar | Selamat datang di www.hshirokuro.blogspot.com | Apabila ada artikle yang tidak layak / SARU harap coment di blog ini atau bisa memberi tahu lewat Twitter kami | Terima Kasih telah berkunjung |

Minggu, 22 Januari 2017

#4 Review Pemakaian Gear 15-42 Honda Verza

Review Honda Verza Pemakaian Gear 15-42
            Halo sobat verzarider, verzacomunity, verzalover dan sobat blogger. Sesuai janji yang kemarin, dimana saya janji akan mengasih review pemakaian honda verza saya yang menggunakan gear ukuran 15-42 dengan kecepatan maksimum alias dengan top speed terbaiknya. Di artikel-artikel sebelumnya review verza saya kebanyakan mengatakan “besok saya kasih review ketika mudik” nah sekarang saya sudah berhasil mencobanya, untuk mengingat mungkin agan bisa membaca kembali artikel-artikel saya yang kemarin disini, disini, dan disini.

            Nah langsung saja kita mulai pembahasannya, sebelumnya saya mempunyai seorang mastah alias sensei yang sama-sama penggila speed untuk motor verza, saya ceritakan kembali. Dia bernama bro Adam Safar, ketika dia menggunakan gear set sss ukuran 15-42 dan modifikasi standar kecuali knalpot FU, dia mencoba test speed dan berulangkali dia berhasil mencapai speed yang sangat menakjubkan, dia mengatakan untuk speed maksimal dengan gear ukuran tersebut untuk motor dia berhasil mencapai 130kmh, untuk video nya bisa liat dichannel youtube saya “ChannelAnakKos”.
            Nah namun, bagaimana speed apabila motor verza kita benar-benar standar pabrik? Nahloh belum ada yang nyoba kan. Nah saya lah yang mencobanya, motor saya ini benar-benar standar pabrik mulai dari servis saja selalu rutin bulanan di ahass, oli standar spx1, bensin pertamax, tidak ada boreup maupun tuneup dan lainnya, knalpot juga sangat-sangat standar, ukuran roda pun masih bawaan aslinya, buset serba standar kan?!. Nah sekarang saya telah mengganti gear nya menjadi ukuran 15-42, ini reviewnya :
            Pemakaian saya menggunakan gear standar asli : Gigi 1 kecepatan 0-25/27 maksimum(batas limit mesin), Gigi 2 kecepatan 25/27-43 maksimum(batas limit), Gigi 3 biasanya saya mulai dari 40-60 maksimum(ini udah mencapai batas), Gigi 4 itu mulai dari 60-80 maksimum (batas limit), Gigi 5 kecepatan 80-108 itu maksimum (batas limit). Batas limit/maksimum yang saya maksud adalah keadaan dimana mesin sudah mencapai batasnya, tidak bisa bertambah lagi dan harus segera ganti gear kecuali yang sudah gear 5, saat gigi 5 maka mesin sudah benar-benar maksimum dan sudah sering saya coba ketika maksimum gear 5, saya berusaha menambahnya tapi tetap saja pada kecepatan segitu tidak bisa bertambah lagi.
            Nah untuk pemakaian saya yang menggunakan gear sss 15-42 setelah saya coba mudik kemarin malam, hasilnya itu overall lebih enak dari gear asli, buat nanjak rumah saya terbukti sangat kuat, napas lebih panjang, dan membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih hemat dari pada ketika menggunakan gear asli(padahal harga pertamax yang sekarang sudah naik ya). Untuk hasil test nya seperti ini : Untuk pemakaian maksimum gigi 1 itu mencapai 0-35kmh, dan maksimum untuk gigi 2 itu 35-60kmh.
#Percobaan 1 : Pada saat ini saya masih melakukan percobaan satu kali, dan ini hasilnya : Gigi 1 saya gunakan 0-30kmh(belum maksimum), Gigi 2 saya gunakan 30-50kmh(Hampir maksimum), Gigi 3 saya gunakan 50-70kmh(sudah maksimum), Gigi 4 saya gunakan 70-100kmh (sudah maksimum), dan Gigi 5 hanya berhasil saya gunakan 100-110kmh(maksimum).
*Problem : Nah setelah membaca hasilnya kalian pasti bingung kan? Saya pun begitu, padahal saat-saat diawal kenaikan napas pergigi sangatlah signifikan, tapi yang bikin saya kaget sekaligus sedih itu setelah menaik ke gigi 5, benar-benar tenaga dimesin langsung hilang seketika, motor menjadi serasa berat untuk digas, dan setelah mencapai angka 110kmh dari tuas gas belum mentok sampai saya putar mencapai mentok pun jarum tetap menunjukan angka 110kmh. Yang bikin saya bingung adalah, pemakaian gear-gear sebelumnya berasa sekali kalau tenaga mesin sangat tersalurkan, tapi ketika menggunakan gigi 5 tenaga mesin itu hilang, dan ketika mencapai 110kmh serta tuas gas sudah mentok angka tidak bertambah TETAPI tenaga dimesin seperti tersendat gan. Gimana ya njelasinnya, jadi 110kmh+tuas gas mentok itu dimesin serasa tenaga masih banyak dan serasa baru saja mengganti gigi tetapi entah kenapa speed tidak bisa bertambah lagi saya juga bingung nih. Emm perumpamaannya begini, ketika agan memakai gigi 1 dari 0-35kmh, ketika di angka 35kmh mesin sudah terasa ingin ganti gear kan? Sudah berasa maksimum, dan ketika ganti ke gigi 2 maka mesin serasa ringan kembali, iyakan? Nah ketika di gigi 5 angka 110kmh itu tuas gas mentok, mesin masih berasa sangat ringan tapi mau gimana lagi karena tuas gas sudah mentok mesin jadi tidak bisa menambahkan tenaga nya lagi, Mungkin bisa saya katakan bahwa ada sesuatu yang menyumbat mesin untuk mengeluarkan/menyalurkan tenaganya secara maksimum ketika kita menggunakan gigi 5(alias seperti tenaga mesin terhambat).
*Solusi : untuk solusi sendiri , saya sudah menanyakan kebeberapa orang terkenal di grup, dan menurut bang arya sheena kita mungkin harus mencoba menaikan 1step penyetelan klep motor nya dari standarnya, lalu menurut bang adam safar dia mengatakan dan menyarankan naikan CO nya karena ketika kompresi lebih padat maka tenaga lebih besar. Nah saya baru mendapatkan dua saran itu, tapi sayangnya saya belum menemukan bengkel yang bisa menaikan setelan klep atau co untuk honda verza.
#Percobaan 2 : Saya akan mencoba lagi besok/lain kali, mungkin dengan keadaan motor yang tetap karena siapa tau percobaan pertama kemarin saya salah main gas(karena emang hanya baru 1 kali mencoba untuk maksimum motornya) atau setelah saya berhasil menservis motor dengan mengikuti kedua saran yang diberikan diatas.

Tetap check this blog ya, apabila sudah saya coba pasti saya posting disini ko dengan segala macam modifikasi yang saya lakukan karena saya memang ingin memberikan review kecepatan honda verza dengan berbagai modifikasinya demi mencapai speed terbaik dan tidak kalah dengan saudara-saudaranya maupun merek sebelah :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arigato atas kunjungan dan komentar agan. Komentar yang anda berikan menjadi motivasi saya membuat blog ini tetap hidup. Silahkan beri komentar yang berkaitan dengan artikel, blog, saran. Jangan berkomentar dengan bahasa yang tidak sopan.