Review Honda Verza Pemakaian Gear
15-42
Halo sobat
verzarider, verzacomunity, verzalover dan sobat blogger. Sesuai janji yang
kemarin, dimana saya janji akan mengasih review pemakaian honda verza saya yang
menggunakan gear ukuran 15-42 dengan kecepatan maksimum alias dengan top speed terbaiknya.
Di artikel-artikel sebelumnya review verza saya kebanyakan mengatakan “besok
saya kasih review ketika mudik” nah sekarang saya sudah berhasil mencobanya,
untuk mengingat mungkin agan bisa membaca kembali artikel-artikel saya yang kemarin
disini, disini, dan disini.
Nah langsung
saja kita mulai pembahasannya, sebelumnya saya mempunyai seorang mastah alias
sensei yang sama-sama penggila speed untuk motor verza, saya ceritakan kembali.
Dia bernama bro Adam Safar, ketika dia menggunakan gear set sss ukuran 15-42
dan modifikasi standar kecuali knalpot FU, dia mencoba test speed dan
berulangkali dia berhasil mencapai speed yang sangat menakjubkan, dia
mengatakan untuk speed maksimal dengan gear ukuran tersebut untuk motor dia
berhasil mencapai 130kmh, untuk video nya bisa liat dichannel youtube saya “ChannelAnakKos”.
Nah namun,
bagaimana speed apabila motor verza kita benar-benar standar pabrik? Nahloh belum
ada yang nyoba kan. Nah saya lah yang mencobanya, motor saya ini benar-benar standar
pabrik mulai dari servis saja selalu rutin bulanan di ahass, oli standar spx1,
bensin pertamax, tidak ada boreup maupun tuneup dan lainnya, knalpot juga
sangat-sangat standar, ukuran roda pun masih bawaan aslinya, buset serba
standar kan?!. Nah sekarang saya telah mengganti gear nya menjadi ukuran 15-42,
ini reviewnya :
Pemakaian saya menggunakan gear standar asli : Gigi 1 kecepatan 0-25/27 maksimum(batas limit mesin), Gigi 2 kecepatan 25/27-43 maksimum(batas limit), Gigi 3 biasanya saya mulai dari 40-60 maksimum(ini udah mencapai batas), Gigi 4 itu mulai dari 60-80 maksimum (batas limit), Gigi 5 kecepatan 80-108 itu maksimum (batas limit). Batas limit/maksimum yang saya maksud adalah keadaan dimana mesin sudah mencapai batasnya, tidak bisa bertambah lagi dan harus segera ganti gear kecuali yang sudah gear 5, saat gigi 5 maka mesin sudah benar-benar maksimum dan sudah sering saya coba ketika maksimum gear 5, saya berusaha menambahnya tapi tetap saja pada kecepatan segitu tidak bisa bertambah lagi.
Pemakaian saya menggunakan gear standar asli : Gigi 1 kecepatan 0-25/27 maksimum(batas limit mesin), Gigi 2 kecepatan 25/27-43 maksimum(batas limit), Gigi 3 biasanya saya mulai dari 40-60 maksimum(ini udah mencapai batas), Gigi 4 itu mulai dari 60-80 maksimum (batas limit), Gigi 5 kecepatan 80-108 itu maksimum (batas limit). Batas limit/maksimum yang saya maksud adalah keadaan dimana mesin sudah mencapai batasnya, tidak bisa bertambah lagi dan harus segera ganti gear kecuali yang sudah gear 5, saat gigi 5 maka mesin sudah benar-benar maksimum dan sudah sering saya coba ketika maksimum gear 5, saya berusaha menambahnya tapi tetap saja pada kecepatan segitu tidak bisa bertambah lagi.
Nah untuk
pemakaian saya yang menggunakan gear sss 15-42 setelah saya coba mudik kemarin
malam, hasilnya itu overall lebih enak dari gear asli, buat nanjak rumah saya
terbukti sangat kuat, napas lebih panjang, dan membuat pemakaian bahan bakar
menjadi lebih hemat dari pada ketika menggunakan gear asli(padahal harga
pertamax yang sekarang sudah naik ya). Untuk hasil test nya seperti ini : Untuk
pemakaian maksimum gigi 1 itu mencapai 0-35kmh, dan maksimum untuk gigi 2 itu 35-60kmh.
#Percobaan 1 : Pada saat ini saya masih melakukan percobaan
satu kali, dan ini hasilnya : Gigi 1 saya gunakan 0-30kmh(belum maksimum), Gigi
2 saya gunakan 30-50kmh(Hampir maksimum), Gigi 3 saya gunakan 50-70kmh(sudah
maksimum), Gigi 4 saya gunakan 70-100kmh (sudah maksimum), dan Gigi 5 hanya
berhasil saya gunakan 100-110kmh(maksimum).
*Problem : Nah setelah membaca hasilnya kalian pasti bingung
kan? Saya pun begitu, padahal saat-saat diawal kenaikan napas pergigi sangatlah
signifikan, tapi yang bikin saya kaget sekaligus sedih itu setelah menaik ke
gigi 5, benar-benar tenaga dimesin langsung hilang seketika, motor menjadi
serasa berat untuk digas, dan setelah mencapai angka 110kmh dari tuas gas belum
mentok sampai saya putar mencapai mentok pun jarum tetap menunjukan angka
110kmh. Yang bikin saya bingung adalah, pemakaian gear-gear sebelumnya berasa
sekali kalau tenaga mesin sangat tersalurkan, tapi ketika menggunakan gigi 5
tenaga mesin itu hilang, dan ketika mencapai 110kmh serta tuas gas sudah mentok
angka tidak bertambah TETAPI tenaga dimesin seperti tersendat gan. Gimana ya
njelasinnya, jadi 110kmh+tuas gas mentok itu dimesin serasa tenaga masih banyak
dan serasa baru saja mengganti gigi tetapi entah kenapa speed tidak bisa
bertambah lagi saya juga bingung nih. Emm perumpamaannya begini, ketika agan
memakai gigi 1 dari 0-35kmh, ketika di angka 35kmh mesin sudah terasa ingin
ganti gear kan? Sudah berasa maksimum, dan ketika ganti ke gigi 2 maka mesin
serasa ringan kembali, iyakan? Nah ketika di gigi 5 angka 110kmh itu tuas gas
mentok, mesin masih berasa sangat ringan tapi mau gimana lagi karena tuas gas
sudah mentok mesin jadi tidak bisa menambahkan tenaga nya lagi, Mungkin bisa
saya katakan bahwa ada sesuatu yang menyumbat mesin untuk
mengeluarkan/menyalurkan tenaganya secara maksimum ketika kita menggunakan gigi
5(alias seperti tenaga mesin terhambat).
*Solusi : untuk solusi sendiri , saya sudah menanyakan
kebeberapa orang terkenal di grup, dan menurut bang arya sheena kita mungkin
harus mencoba menaikan 1step penyetelan klep motor nya dari standarnya, lalu
menurut bang adam safar dia mengatakan dan menyarankan naikan CO nya karena
ketika kompresi lebih padat maka tenaga lebih besar. Nah saya baru mendapatkan
dua saran itu, tapi sayangnya saya belum menemukan bengkel yang bisa menaikan
setelan klep atau co untuk honda verza.
#Percobaan 2 : Saya akan mencoba lagi besok/lain kali,
mungkin dengan keadaan motor yang tetap karena siapa tau percobaan pertama
kemarin saya salah main gas(karena emang hanya baru 1 kali mencoba untuk
maksimum motornya) atau setelah saya berhasil menservis motor dengan mengikuti
kedua saran yang diberikan diatas.
Tetap check this blog ya, apabila
sudah saya coba pasti saya posting disini ko dengan segala macam modifikasi
yang saya lakukan karena saya memang ingin memberikan review kecepatan honda
verza dengan berbagai modifikasinya demi mencapai speed terbaik dan tidak kalah
dengan saudara-saudaranya maupun merek sebelah :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Arigato atas kunjungan dan komentar agan. Komentar yang anda berikan menjadi motivasi saya membuat blog ini tetap hidup. Silahkan beri komentar yang berkaitan dengan artikel, blog, saran. Jangan berkomentar dengan bahasa yang tidak sopan.