Selamat datang di Snow Wolf of Peaceful, Terima Kasih telah berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar | Selamat datang di www.hshirokuro.blogspot.com | Apabila ada artikle yang tidak layak / SARU harap coment di blog ini atau bisa memberi tahu lewat Twitter kami | Terima Kasih telah berkunjung |

Sabtu, 14 Januari 2017

#2 Upgrade Kecepatan Honda Verza

Upgrade Kecepatan Honda Verza
                Halo sobat blogger, verzarider, verzakomuniti dan verzalover, balik lagi di artikel saya yang mau mereview semuanya tentang Honda Verza. Kalian yang punya verza atau sebagai pengendara verza, saya jamin 95% dari kalian kecewa dengan kecepatan motor ini kan? Dan berusaha cari-cari digoogle dengan kata kunci “cara menambah kecepatan honda verza” “cara memaksimalkan honda verza” dan sebagainya atau anda bertanya-tanya digrup dan mendapatkan komentar yang ada enaknya ada juga yang kurang memuaskan. YA KAN? Jujur aja deh, hehe.
                Nah saya pun juga begitu, sebagai pengendara motor ini, sedikit kurang puas ya walau sih dengan keadaan standar motor ini masih mampu dibuat lari sampai 110 kmh, bahkan ada beberapa motor yang katanya sih bisa 115kmh bahkan 119-120kmh dengan keadaan normal. Kalau saya Cuma pernah sampai 115 kmh dan itupun kebantu dengan ditengah-tengah trek ada jalanan yang turun. Kalau tidak ya hanya 110 kmh dan itu udah ya tau sendirilah gitu deh.
                Setelah saya mengamati, mencaritahu, menyimak dan menyimpulkan dari grup lah , googling lah, youtube lah. Saya mendapatkan setidaknya sebagian ilmu yang mungkin bermanfaat bagi kalian yang suka dengan kecepatan. Oke cek this
            Pertama-tama, kita review dari segi bahan bakar, bahan bakar bagi honda verza ternyata juga pengaruh loh walau tidak terlalu besar, waktu dulu saya sering pakai premium untuk si verza dari gir 1 sampai lima itu lebih kencang dan lebih bertenaga dan untuk top speed sekitar mencapai 111/112 kmh, ga jauh beda ya haha. Lalu pertamax, pertamax mulai saya gunakan dan selalu saya gunakan hingga sekarang karena lebih bersih kan lumayan biar mesin awet, emm untuk pertamax tarikan lumayan lah walau ga seganas premium, sedikit turun bbrp persen dari premium, untuk top speednya saya maksimal Cuma mencapai 109kmh aja. Lalu pertamax turbo, weh dari namanya keren ya “turbo” haha, tapi untuk diaplikasikan di verza saya, emmm duh tarikannya jadi berat banget bos, ga enak deh, lebih turun lagi dari pertamax deh kualitas buat si verza. Dari ketiga bahan bakar tersebut perubahan yang dirasakan semuanya tidak jauh beda ko .
            Kedua oli, emm kalo oli sih kayaknya ga bisa direview mengenai kecepatan verza, Cuma kalo mau kebut-kebutan enaknya saat-saat oli baru diganti ya, enak dimesin. Saya sih Cuma pakai spx1 aja selama ini.
            Ketiga, menurut beberapa orang terkenal digrup yang saya tanyai, untuk mendongkrak performa bagi kalian yang budgetnya amat sangat minim, bisa tuh siverza dipakaiin resistor yang 1ohm, harga paling 7ribuan deh, lumayan buat ngilangin limit motornya ya walau ga terlalu berpengaruh banget sih
            Keempat, inisih yang biasanya orang indonesia lakuin, YAP ganti kenalpot baik bobokan maupun racing, dan ini lumayan berpengaruh dengan kecepatan yang akan didapatkan oleh siverza
            Kelima, kalo kalian mau yang agak menyangkut mesin, dan punya budget lumayan, bisa nih  menggunakan injektor ncb, review dari beberapa orang terkenal digrup, menggunakan injektor ncb lumayan sangat berpengaruh untuk menghilangkan limiter pada motor verza(namun sayang nya saat saya tanyai mereka berapakah top speednya, tidak ada yang tahu karena semuanya udah ga pake speedo -,- tapi yang jelas bisa meninggalkan nvl lumayan jauh dan gas belum mentok, wow ga ? ) dan saya sendiri pun belum mencobanya karena budget yang saya miliki mau untuk upgrade pada saran setelah ini hehe. Ada satu orang juga yang menggunakan injektor cb150, Cuma saya tidak berhasil menanyai lebih jauh bagaimana performa dan topspeednya T_T. Oya untuk injektor ncb, jangan kaget ya penggunaan bahan bakar kalian akan terpapras banyak sekali, yang normalnya untuk verza 1liter untuk 48km, jika menggunakan injektor ini katanya 1liter hanya bisa untuk 20an km, WOW setengahnya loh. Dan harganya ya lumayan terjangkau hanya 365ribu saja.
            Keenam, tentu saja kalian tau, ganti gear . Gantinya satu set ya dan sekalian yang bagus biar bunyi brisik siverza juga ikutan ilang, ini juga salah satu yang baru saja hari ini saya lakukan, saya mengganti si neng verza dengan gear set sss(review lebih lanjut di artikel berikutnya hehe). Nah perlu kalian tahu gear asli verza berukuran 14 / 41 dengan ketebalan 428. Setelah tanya sana sini digrup, hampir 80persen menyarankan ganti gear dengan ukuran 15 / 43 , katanya sih untuk speed dapet dan untuk akselerasi juga dapet, kebanyakan orang menyarankan ini. Namun tidak sedikit orang juga yang menyarankan gear dengan ukuran 15 / 42 dan rata-rata mereka yang mengatakan ini karena mereka juga suka dengan kecepatan namun kelemahannya untuk akselerasi lebih lemes dari 15 / 43 maupun gear aslinya tentunya. Atau jika masih cari yang sekitaran gear ukuran asli tapi mau agak lebih cepet bisa saja dengan ukuran 14 / 40 tapi tentunya akselerasi berkurang dan akan terasa untuk jalan-jalan yang nanjak tenaga akan berkuran wong yang ukuran asli aja buat nanjak masih kurang apalagi ini. Kalo kalian fanatik kecepatan bisa tuh menggunakan ukuran 15 / 40 namun saya belum menemui orang yang menyarankan untuk menggunakan ukuran ini hehe kebanyakan hanya 15 / 43 atau 15 / 42 atau 14 / 40 dan ada juga yang suka dengan akselerasi bisa dengan ukuran 15 / 44 katanya juga enak nih ukurannya. Oya sebelum nya untuk mengetahui apakah lebih bagus kekecepatan atau keakselerasi untuk simpelnya aja tapi ya , ada dua hal yang harus diketahui. Pertama : semakin besar ukuran gear belakang maka semakin besar pula akselerasinya dan semakin kecil speednya begitu pula sebaliknya semakin kecil gear belakang maka semakin kecil akselerasinya dan semakin besar speednya, untuk gear depan itu untuk menyesuaikan saja(saya kurang paham kalo ini). Dan kedua, untuk lebih mudahnya kita lakukan perhitungan gear ukuran 14 / 41 makan kita bagi saja 41 : 14 = 2,92 nah itulah nilai kecepatan dan akselerasi standar verza, lalu jika 14 / 40 kan berarti hasilnya 2,86 nah berarti nilai yang semakin turun ini menunjukan speed yang bertambah dan akselerasi berkurang, tapi kita ingat kembali teori ukuran gear yg tadi dan fungsinya gear depan, maka untuk 15 / 43 = 2,86 kan sama tuh dengan yang 14 / 40 , speed bertambah dan akselerasi berkurang namun untuk yang 15 / 43 akselerasi tidak begitu berkurang karena mengingat ukuran gear belakangnya yang semakin lebih besar dari aslinya, jadi begitulah silahkan pahami sendiri. Oya tenang saja tidak usah begitu bingung dengan turunnya akselerasi, karena torsi motor verza juga besar, jadi bisa terimbangi ko.
            Ketujuh dan terakhir yang saya tahu, dan ini butuh budget yang lumayan menguras kantong, yaitu ganti ecu brt juken, katanya sih tentu lebih sangat bagus karena bisa disetting juga dan ini ecu racing bro walau bisa diaplikasikan untuk harian sih. Saya sendiri belum bisa kasih review karena baru akan pasang sekitar bulan februari / maret besok. Ada yang mau bareng? Haha
Nah itu ketujuh hal yang bisa dilakuin untuk mendongkrak performa Honda Verza, namun jika Cuma diaplikasikan salah satu (kecuali yang ketujuh) tentu hasilnya tidak akan jauh berbeda dari standarnya. Jadi ya paling nda ganti gear, knalpot, resistor / injektor , nah sepaket yang begini baru bisa banyak berubah.
Contoh saja ada salah satu rider verza yang upload video diyoutube, hanya bermodalkan bensin premium dia bisa lari sampai 120 kmh. Dan ada pula rider verza yang upload video di IG dengan pergantian kenalpot dan gear dia bisa mencapai 130kmh untuk topspeed dan kabarnya gas nya belum mentok alias masih bisa ditambah.

                Sekian artikel dari saya, semua ilmu yang saya dapat diatas berasal dari grup facebook honda verza modifikasi dan saya mengamati, mencermati, memahami lalu menyimpulkan sendiri, dan ada beberapa info juga yang sudah saya dapatkan dari hasil bertanya langsung ke orangnya yang verzanya bisa mencapai kecepatan diatas 110 kmh . Sekian dan terimakasih jangan lupa nantikan artikel Honda Verza yang selanjutnya ya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arigato atas kunjungan dan komentar agan. Komentar yang anda berikan menjadi motivasi saya membuat blog ini tetap hidup. Silahkan beri komentar yang berkaitan dengan artikel, blog, saran. Jangan berkomentar dengan bahasa yang tidak sopan.