Selamat datang di Snow Wolf of Peaceful, Terima Kasih telah berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar | Selamat datang di www.hshirokuro.blogspot.com | Apabila ada artikle yang tidak layak / SARU harap coment di blog ini atau bisa memberi tahu lewat Twitter kami | Terima Kasih telah berkunjung |

Sabtu, 14 Januari 2017

#3 Review Gear Set Verza

Gear Set Yang Cocok Untuk Verza
                Halo sobat blogger, verzakomunity, dan verzarider. Kembali lagi di blog saya yang isinya tentang review Honda Verza, kenapa Verza? Karena saya punyanya Cuma verza hehe. Nah sesuai janji kemarin yang mana saya akan memberikan review pemasangan gear set untuk si verza ini.
                Bagi anda yang punya honda verza, terlebih dahulu pahami apakah suka dengan akselerasi ataukah kecepatan? Karena bagi si verza ini tidak bisa keduanya menjadi TOP. Kita lihat saja, keadaan standar si verza kecepatannya amat sangat pelan menurut saya, iya tidak? Hanya 110-112kmh kan? Itu maksimumnya, TAPI akselerasi nya bos gila mantap banget, dari semua motor dikelasnya ini motor yang paling galak, kalau menurut saya ini motor sport atau motor tril ya, kenapa? Soalnya gila torsinya dimesin itu gila abis, sudah menyamai motor tril inimah. Ganas banget awalan-awalannya, tapi resikonya ya itu speednya rendah emang.

                Nah bagi kalian yang mau ganti gear set pikirkan lah dua aspek tadi, mana yang mau kalian pilih. Untuk awalan saya akan menjelaskan teori gear set yang saya ketahui. Gear set standar verza itu 14/41 dengan ketebalan gear 428, kalau dihitung 41 : 14 = 2,92 , nah itulah angka untuk speed&akselerasi honda verza, bagi kalian yang mau ganti gear carilah pemasangan gear yang apabila angkanya lebih kecil berarti akselerasi berkurang speed bertambah begitu pula sebaliknya apabila angka bertambah maka akselerasi bertambah dan speed berkurang. Dan perlu diingat semakin besar gear belakang maka akselerasi bertambah dan speed berkurang dan sebaliknya semakin kecil gear belakang akselerasi berkurang speed bertambah, sedangkan gear depan itu untuk menyeimbangkan saja. Misal saja 14/40 = 2,86 , 15/43 = 2,86 itu sama saja kan, walau kedua gear tersebut akselerasi berkurang dan speed bertambah, tapi masih lebih baik akselerasi dengan set 15/43 karena ukuran belakangnya yang lebih besar dari aslinya. Lebih lanjutnya cari aja digoogle deh.
                Nah kita mulai, saya mau review pemasangan gear, ini berdasarkan yang saya alami ya. Pada awalnya saya mau meningkatkan speed tapi tidak mau begitu kehilangan akselerasinya, nah kata grup sih enaknya pake 15 / 43 itu speed dapet akselerasi juga dapet. Saya mulai nih cari dijogja, gila nyari gear sss dengan ukuran itu susah banget, abis semua. Pada hari pertama saya mendatangi aap motor, happy motor, option motor, dan bengkel di selokan mataram, alhasil nihil saya ga dapet apapun, hari kedua akhirnya saya dapet nih gear depan 15+rantainya di andoyo motor jl.gejayan dengan harga gear=50ribu dan rantai=225rb, tapi gear belakangnya masih belum dapet dan karena keterbatasan waktu jadi selesailah pencarianku pada hari kedua ini. Nah hari ketiga saya menuju victory motor nih, disitu juga kosong tapi disitu ada ecu brt juken yang mau saya beli bulan februari/maret nih, berikutnya saya ke happy 1 motor, saya dapetnih gear ukuran 42, karena 43 ga ada juga jadi saya pasrah dan pasang aja nih gear ukuran 42 dengan harga 100ribu, biaya pasang yang aslinya 10ribu tapi karena kedua set nya berbeda toko jadi biaya pasangnya 25ribu, tak apalah.
                Setelah selesai, saya test ride pertamakali nih, wah untuk lari enak banget gila napasnya panjang banget, kalau aslinya gear 1 mentok di 30kmh, sekarang gear 1 mentok di 40kmh, dan gear 2 saya mencapai 60kmh dan itu sebenarnya masih bisa ditambah lagi. Tapi yang saya rasakan, motornya udah ga segalak aslinya nih, dengan kata lain akselerasi nya ilang banget nih, ga ganas. Tapi overall lebih enak gear yang ini karena napasnya yang lebih panjang jadi berasa lebih ringan, walau torsi jadi tidak begitu terasa tapi tak apalah, terbayar dengan speed yang saya dapet. Satu minggu pemakain saya mau coba nih top speednya, pada malam hari saya coba nih pake kebut-kebutan walau jalan terbatas, gear 1 mentok dapet 40kmh, ganti gear 2 mentok di 60kmh, gear 3 saya patok di 80kmh walau belum mentok, gear 4 juga saya patok sampe 100kmh nih masih belum mentok tapi sial ada mobil masuk jalur motor jadi terhentilah test speed saya. Besok saat mudik saya kasih review top speednya deh kalau bisa mau saya video juga, jadi bersabar ya :D
                Nah jangan sedih dulu, saya ada temen nih namanya bang adam safar, dia juga ternyata menggunakan gear 15-42 tapi dia menggunakan kenalpot fu, dia mengatakan dengan gear segitu motor verzanya mentok lari dikecepatan 130kmh saja, hem lumayan banget lah ya hehe :D. Dan setelah beberapa minggu dia kirim lagi nih video, ternyata dia mengganti gearnya menjadi 15-39 dengan modifikasi lain digantinya perkopling merek RUSH, dan saat saya lihat videonya, saya tercengang,itu jarum speedo dikit lagi mencapai 140kmh ! gila, mungkin angka sekitar 135kmh an lah. Dan dia bilang itu gas sama sekali belum mentok, masih bisa ditarik lagi, gila deh, dia maniak speed.
                Perlu saya infokan lagi, itu saya gear 4 dikecepatan 100kmh itu mesin belum nggereng loh, masih santai,gas masih banyak, masih bisa ditarik lebih dalem lagi. Mungkin perbandingannya kalau dengan keadaan gear standar itu sama saja gear 4 yang masih pada kecepatan sekitar 85-90kmh, itu masih ayem banget kan dimesin. Nah begitulah perbandingannya, di test itu mulai gear 3 dan 4 saya tidak menarik sampai gas mentok limiter karena biar bisa dapet top speed yang jauh. Dan dari pemakaian harian, itu tuas gas ditarik dikit aja, kita udah bisa mencapai kecepatan 60-70kmh dengan keadaan tuas gas yang masih baru dputar dikit banget loh, serius. Jadi overall enaklah.
                Nah bagi anda yang mau ganti gear set, pikir-pikir dulu deh mau pakai ukuran berapa, mau dapet speed atau akselerasi, di grup ada yang ngasih info dia pakai 15/45 dan itu untuk offroad manjat, itu aja salah gas dan kopling motor bisa whilie loh, terbukti kan torsi besar yang dimiliki si verza  hehe. Ok sekian dulu, oh ya biar ga dibilang bohong tonton juga nih video nya bang adam

Verza mencapai 130kmh : disini
Verza mencapai 140kmh : disini
Review Lengkap Pemakaian gear 15-42 : disini

1 komentar:

  1. Gir depan ukuran 15 pakai punya motor apa gan yang pnp untuk verza?

    BalasHapus

Arigato atas kunjungan dan komentar agan. Komentar yang anda berikan menjadi motivasi saya membuat blog ini tetap hidup. Silahkan beri komentar yang berkaitan dengan artikel, blog, saran. Jangan berkomentar dengan bahasa yang tidak sopan.