Selamat datang di Snow Wolf of Peaceful, Terima Kasih telah berkunjung jangan lupa tinggalkan komentar | Selamat datang di www.hshirokuro.blogspot.com | Apabila ada artikle yang tidak layak / SARU harap coment di blog ini atau bisa memberi tahu lewat Twitter kami | Terima Kasih telah berkunjung |

Selasa, 29 November 2016

Tugas Contoh Proposal Bisnis Komunikasi Bisnis

BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Dengan perkembangan zaman saat ini banyak orang baik dari kalangan anak-anak bahkan sampi orang dewasa suka bermain game atau membutuhkan software untuk pekerjaan mereka atau ingin menonton film anime untuk merefreshingkan diri dari kepenatan. Karena pada jaman modern ini sudah banyak sekali game software film yang banyak beredar dan banyak dari semua itu yang dijual dengan harga sangat mahal dengan label barang original atau asli, dan untuk masyarakat kita tentu tidak semuanya akan bisa menikmati semua itu apabila untuk membelinya membutuhkan banyak uang.
Dengan keadaan yang seperti itu maka diperlukan alternatif lain agar semua orang juga bisa menikmatinya tanpa mengeluarkan banyak uang


B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana tips untuk membuka usaha toko game yang baik dan benar serta tidak merugi.
2.      Bagaimana cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini.
3.      Bagaimana caranya agar kita bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis toko game.

C.     Tujuan Usaha
1.      Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya dan membuat konsumen puas
2.   Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
3.  Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
4.  Membudayakan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha.

D.     Manfaat Usaha
a.       Manfaat Ekonomi :
Usaha toko game  ini cukup menjanjikan, karna keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan memberikan harga yang murah agar kalangan menengah kebawah juga bisa menikmatinya. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan.
b.      Manfaat Sosial :
1.      Bagi Pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat berkembang. Usaha ini cukup menjanjikan bagi kita, karna masih banyak orang-orang di Indonesia yang masih kesulitan untuk mendapatkan game software yang mereka inginkan dengan mudah tapi tidak terlalu mahal dan proses pembeliannya mudah. Keuntungan yang dapat diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar. Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana cara melayani konsumen, serta bagaimana supaya karyawan menjadi senang dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain sebagainya.
2.      Bagi Masyarakat
Dengan adanya toko game ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk lebih mudah mendapatkan game atau software yang mereka inginkan. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karna apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.

E.     VISI DAN MISI USAHA
Visi dari usaha ini adalah :
a.    Mempermudah masyarakat untuk mendapatkan game dan software yang diinginkan
b.    Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan pelayanan yang terbaik.
Misi dari usaha ini adalah:
a.    Menjadikan toko game yang terkenal dan besar.
b.    Memberikan kemudahan kepada konsumen.
c.    Memberikan pelayanan yang terbaik.


BAB II
PROFIL BADAN USAHA

A.    Profil Usaha
Nama Usaha                : Toko Online Game dan Software
Nama Pemilik              : Ega Yunanto Indratama
Jenis Usaha                 : Game dan Software
Alamat                        : Kebumen

B.     Produk
Produk yang ditawarkan dalam usaha ini kepada konsumen memiliki berbagai macam jenis, seperti :
a.       Game
b.      Software
c.       Film
d.      Anime
Dengan memiliki berbagai macam jenis yang dijual, akan mempermudah orang yang memiliki berbagai selera untuk membeli ditoko kami, selain itu kami juga mempermudah pembeli dengan cara berjualan online maupun link download bagi yang benar – benar ingin gratisan.
C.    Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut:
1.      Faktor internal :
a.       Strengths (Kekuatan)
·      Proses pembelian dan transaksi sangatlah mudah, pelanggan bisa datang ketoko ataupun bisa lewat online dan akan dikirim ataupun bisa download sendiri diweb yang kami sediakan
·      Harga yang dijual murah
·      Pelayanan yang diberikan sangat baik dan keamanan barang bagi yang beli online dijamin
·         Karena banyak jenis yang dijual (tidak hanya game) maka akan mempermudah semua orang yang memiliki keinginan berbeda-beda
b.      Weakness (Kelemahan)
·      Faktor tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila tempatnya kurang ramai maka pembeli akan sedikit dan jika didaerah tersebut orangnya kurang modern maka pembeli juga sedikit..
·      Banyak sedikitnya pembeli dipengaruhi pada minat masyarakat sekitar.
2.      Faktor eksternal :
c.       Opportunities (Peluang / kesempatan)
·      Melihat belum banyaknya toko sejenis maka akan meningkatkan penjualan.
·      Karena barang yang dijual disukai semua kalangan terutama anak-anak dan setiap daerah pasti lebih bayak anak-anak maka akan meningkatkan penjualan.
d.      Threats (Ancaman)
Penjualan untuk barang sejenis ini sangat dipengaruhi dengan keinginan masyarakat walaupun banyak masyarakat yang suka terlebih dari kalang anak-anak hingga yang muda-mudaa tapi hanya orang-orang tertentu juga yang menyukai game software anime dan film, sehinggabisa dipastikan hanya orang-orang tersebutlah yang akan beli, maka diperlukan pelayanan yang sangat baik dan mudah agar tidak mengecewakan dan bisa menjadikan toko game ini menjadi toko tetap konsumen.

D.    Rencana Usaha
Adapun rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1.      Rencana Jangka Pendek
Usaha bisnis toko game  ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah.
2.      Rencana Jangka Menengah
Usaha yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya.
3.      Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa pula untuk membangun jaringan dengan toko game lain agar kami dapat dengan mudah untuk mendapatkan ling agar usaha ini tidak mengalami kendala apapun dalam penyediaan produk.

E.     Analisis Pasar dan Pemasaran
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha toko game yaitu:
1.      Target Pasar
Usaha ini berlokasi di daerah yang strategis atau perkotaan dan mudah terjangkai. Daerah tersebut daerah yang masyarakatnya banyak menyukai produk seperti ini. Yang menjadi target pasar kami yaitu masyarakat sekitar.
2.      Pesaing
Belum begitu banyak orang yang punya modal lebih atau berpikiran untuk membuka usaha seperti ini sehingga dapat dikatakan pesaing belum banyak, akan tetapi itu tidak membuat lengah justru di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita.
3.      Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembelinya yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp1.000sampai dengan Rp10.000 tergantung ukuran yang dibeli dan cara pembeliannya.

F.     Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
1.      Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli game di tempat kita.
2.      Dengan media sosial
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial, seperti melalui facebook, twitter, instagram, bbm, blog,dll.
5.      Langkah-langkah promosi
Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
·         Apabila konsumen membeli game software aime atau film dengan total harga lebih dari 10.000 maka untuk pembelian diatasnya akan dipotong 50%.
·         Selain itu apabila konsumen datang ketoko dan membeli dengan cara copy paste maka harga akan dihitung Rp 1.000 per ukuran yang tentu akan lebih murah
·         Untuk pembelian anime dan film yang banyak maka selain mendapat potongan 50% maka akan mendapatkan bonus jumlah produk yang dibeli

G.    Analisis Operasional
Adapun rencana produksi yang dijalankan ialah sebagai berikut:
1.      Promo produk
Agar konsumen bertambah maka promo produk akan diberikan degan bervaiasi.
2.      Tempat usaha
Tempat usaha yang kami rintis ialah dipinggir jalan-jalan utama yang ramai dilalui orang, agar konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha kami, selain itu di daerah perkotaan yang masyarakatnya memiliki ketertarikan pada produk

H.    Laporan Keuangan
a.      Biaya Tetap
No
Keterangan
Harga (Rp)
1
Listrik
100.000
2
Stok DVD
100.000
3
Kuota
350.000
4
Biaya Perawatan
50.000
5
Peralatan lain-lain
100.000
Total Biaya
700.000
b.      Biaya Variabel
No
Keterangan
Harga (Rp)
1
Kertas Bungkus
20.000
2
Wadah DVD
20.000
3
Stok Game Baru
20.000
4
Bensin
20.000
Total Biaya
80.000

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Membuka usaha toko game sangat menguntungkan karena dijaman yang modern ini pasti banyak peminatnya, terlebih lagi untuk kalangan anak-anak dan para pemuda, selain itu dengan usaha ini kita juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, selain itu kita sendiri juga bisa menikmati produk daganan kita juga.

B.     Saran
Demikianlah proposal bisnis ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis kami. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini.  Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha kue cucur ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, saya berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah direncanakan ini.
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arigato atas kunjungan dan komentar agan. Komentar yang anda berikan menjadi motivasi saya membuat blog ini tetap hidup. Silahkan beri komentar yang berkaitan dengan artikel, blog, saran. Jangan berkomentar dengan bahasa yang tidak sopan.