Gear Set Yang Cocok
Untuk Verza
Halo
sobat blogger, verzakomunity, dan verzarider. Kembali lagi di blog saya yang
isinya tentang review Honda Verza, kenapa Verza? Karena saya punyanya Cuma
verza hehe. Nah sesuai janji kemarin yang mana saya akan memberikan review
pemasangan gear set untuk si verza ini.
Bagi
anda yang punya honda verza, terlebih dahulu pahami apakah suka dengan
akselerasi ataukah kecepatan? Karena bagi si verza ini tidak bisa keduanya
menjadi TOP. Kita lihat saja, keadaan standar si verza kecepatannya amat sangat
pelan menurut saya, iya tidak? Hanya 110-112kmh kan? Itu maksimumnya, TAPI
akselerasi nya bos gila mantap banget, dari semua motor dikelasnya ini motor
yang paling galak, kalau menurut saya ini motor sport atau motor tril ya,
kenapa? Soalnya gila torsinya dimesin itu gila abis, sudah menyamai motor tril
inimah. Ganas banget awalan-awalannya, tapi resikonya ya itu speednya rendah
emang.
Nah
bagi kalian yang mau ganti gear set pikirkan lah dua aspek tadi, mana yang mau
kalian pilih. Untuk awalan saya akan menjelaskan teori gear set yang saya
ketahui. Gear set standar verza itu 14/41 dengan ketebalan gear 428, kalau
dihitung 41 : 14 = 2,92 , nah itulah angka untuk speed&akselerasi honda
verza, bagi kalian yang mau ganti gear carilah pemasangan gear yang apabila
angkanya lebih kecil berarti akselerasi berkurang speed bertambah begitu pula
sebaliknya apabila angka bertambah maka akselerasi bertambah dan speed
berkurang. Dan perlu diingat semakin besar gear belakang maka akselerasi
bertambah dan speed berkurang dan sebaliknya semakin kecil gear belakang
akselerasi berkurang speed bertambah, sedangkan gear depan itu untuk menyeimbangkan saja.
Misal saja 14/40 = 2,86 , 15/43 = 2,86 itu sama saja kan, walau kedua gear
tersebut akselerasi berkurang dan speed bertambah, tapi masih lebih baik
akselerasi dengan set 15/43 karena ukuran belakangnya yang lebih besar dari
aslinya. Lebih lanjutnya cari aja digoogle deh.
Nah
kita mulai, saya mau review pemasangan gear, ini berdasarkan yang saya alami ya.
Pada awalnya saya mau meningkatkan speed tapi tidak mau begitu kehilangan
akselerasinya, nah kata grup sih enaknya pake 15 / 43 itu speed dapet
akselerasi juga dapet. Saya mulai nih cari dijogja, gila nyari gear sss dengan
ukuran itu susah banget, abis semua. Pada hari pertama saya mendatangi aap
motor, happy motor, option motor, dan bengkel di selokan mataram, alhasil nihil
saya ga dapet apapun, hari kedua akhirnya saya dapet nih gear depan
15+rantainya di andoyo motor jl.gejayan dengan harga gear=50ribu dan
rantai=225rb, tapi gear belakangnya masih belum dapet dan karena keterbatasan
waktu jadi selesailah pencarianku pada hari kedua ini. Nah hari ketiga saya
menuju victory motor nih, disitu juga kosong tapi disitu ada ecu brt juken yang
mau saya beli bulan februari/maret nih, berikutnya saya ke happy 1 motor, saya
dapetnih gear ukuran 42, karena 43 ga ada juga jadi saya pasrah dan pasang aja
nih gear ukuran 42 dengan harga 100ribu, biaya pasang yang aslinya 10ribu tapi
karena kedua set nya berbeda toko jadi biaya pasangnya 25ribu, tak apalah.
Setelah
selesai, saya test ride pertamakali nih, wah untuk lari enak banget gila
napasnya panjang banget, kalau aslinya gear 1 mentok di 30kmh, sekarang gear 1
mentok di 40kmh, dan gear 2 saya mencapai 60kmh dan itu sebenarnya masih bisa
ditambah lagi. Tapi yang saya rasakan, motornya udah ga segalak aslinya nih, dengan kata lain akselerasi nya ilang banget nih, ga ganas. Tapi overall
lebih enak gear yang ini karena napasnya yang lebih panjang jadi berasa lebih
ringan, walau torsi jadi tidak begitu terasa tapi tak apalah, terbayar dengan
speed yang saya dapet. Satu minggu pemakain saya mau coba nih top speednya,
pada malam hari saya coba nih pake kebut-kebutan walau jalan terbatas, gear 1
mentok dapet 40kmh, ganti gear 2 mentok di 60kmh, gear 3 saya patok di 80kmh
walau belum mentok, gear 4 juga saya patok sampe 100kmh nih masih belum mentok
tapi sial ada mobil masuk jalur motor jadi terhentilah test speed saya. Besok
saat mudik saya kasih review top speednya deh kalau bisa mau saya video juga,
jadi bersabar ya :D
Nah
jangan sedih dulu, saya ada temen nih namanya bang adam safar, dia juga
ternyata menggunakan gear 15-42 tapi dia menggunakan kenalpot fu, dia
mengatakan dengan gear segitu motor verzanya mentok lari dikecepatan 130kmh
saja, hem lumayan banget lah ya hehe :D. Dan setelah beberapa minggu dia kirim
lagi nih video, ternyata dia mengganti gearnya menjadi 15-39 dengan modifikasi
lain digantinya perkopling merek RUSH, dan saat saya lihat videonya, saya tercengang,itu
jarum speedo dikit lagi mencapai 140kmh ! gila, mungkin angka sekitar 135kmh an
lah. Dan dia bilang itu gas sama sekali belum mentok, masih bisa ditarik lagi,
gila deh, dia maniak speed.
Perlu
saya infokan lagi, itu saya gear 4 dikecepatan 100kmh itu mesin belum nggereng
loh, masih santai,gas masih banyak, masih bisa ditarik lebih dalem lagi.
Mungkin perbandingannya kalau dengan keadaan gear standar itu sama saja gear 4
yang masih pada kecepatan sekitar 85-90kmh, itu masih ayem banget kan dimesin.
Nah begitulah perbandingannya, di test itu mulai gear 3 dan 4 saya tidak
menarik sampai gas mentok limiter karena biar bisa dapet top speed yang jauh.
Dan dari pemakaian harian, itu tuas gas ditarik dikit aja, kita udah bisa
mencapai kecepatan 60-70kmh dengan keadaan tuas gas yang masih baru dputar
dikit banget loh, serius. Jadi overall enaklah.
Nah
bagi anda yang mau ganti gear set, pikir-pikir dulu deh mau pakai ukuran
berapa, mau dapet speed atau akselerasi, di grup ada yang ngasih info dia pakai
15/45 dan itu untuk offroad manjat, itu aja salah gas dan kopling motor bisa
whilie loh, terbukti kan torsi besar yang dimiliki si verza hehe. Ok sekian dulu, oh ya biar ga dibilang
bohong tonton juga nih video nya bang adam
Verza mencapai 130kmh : disini
Gir depan ukuran 15 pakai punya motor apa gan yang pnp untuk verza?
BalasHapus