Upgrade Kecepatan
Honda Verza
Halo
sobat blogger, verzarider, verzakomuniti dan verzalover, balik lagi di artikel
saya yang mau mereview semuanya tentang Honda Verza. Kalian yang punya verza
atau sebagai pengendara verza, saya jamin 95% dari kalian kecewa dengan
kecepatan motor ini kan? Dan berusaha cari-cari digoogle dengan kata kunci
“cara menambah kecepatan honda verza” “cara memaksimalkan honda verza” dan
sebagainya atau anda bertanya-tanya digrup dan mendapatkan komentar yang ada
enaknya ada juga yang kurang memuaskan. YA KAN? Jujur aja deh, hehe.
Setelah
saya mengamati, mencaritahu, menyimak dan menyimpulkan dari grup lah , googling
lah, youtube lah. Saya mendapatkan setidaknya sebagian ilmu yang mungkin
bermanfaat bagi kalian yang suka dengan kecepatan. Oke cek this
Pertama-tama, kita review dari segi bahan bakar, bahan bakar
bagi honda verza ternyata juga pengaruh loh walau tidak terlalu besar, waktu
dulu saya sering pakai premium untuk si verza dari gir 1 sampai lima itu lebih
kencang dan lebih bertenaga dan untuk top speed sekitar mencapai 111/112 kmh,
ga jauh beda ya haha. Lalu pertamax, pertamax mulai saya gunakan dan selalu
saya gunakan hingga sekarang karena lebih bersih kan lumayan biar mesin awet,
emm untuk pertamax tarikan lumayan lah walau ga seganas premium, sedikit turun
bbrp persen dari premium, untuk top speednya saya maksimal Cuma mencapai 109kmh
aja. Lalu pertamax turbo, weh dari namanya keren ya “turbo” haha, tapi untuk
diaplikasikan di verza saya, emmm duh tarikannya jadi berat banget bos, ga enak
deh, lebih turun lagi dari pertamax deh kualitas buat si verza. Dari ketiga
bahan bakar tersebut perubahan yang dirasakan semuanya tidak jauh beda ko .
Kedua oli, emm kalo oli sih kayaknya ga bisa direview
mengenai kecepatan verza, Cuma kalo mau kebut-kebutan enaknya saat-saat oli
baru diganti ya, enak dimesin. Saya sih Cuma pakai spx1 aja selama ini.
Ketiga, menurut beberapa orang terkenal digrup yang saya
tanyai, untuk mendongkrak performa bagi kalian yang budgetnya amat sangat
minim, bisa tuh siverza dipakaiin resistor yang 1ohm, harga paling 7ribuan deh,
lumayan buat ngilangin limit motornya ya walau ga terlalu berpengaruh banget
sih
Keempat, inisih yang biasanya orang indonesia lakuin, YAP
ganti kenalpot baik bobokan maupun racing, dan ini lumayan berpengaruh dengan
kecepatan yang akan didapatkan oleh siverza
Kelima, kalo kalian mau yang agak menyangkut mesin, dan
punya budget lumayan, bisa nih
menggunakan injektor ncb, review dari beberapa orang terkenal digrup,
menggunakan injektor ncb lumayan sangat berpengaruh untuk menghilangkan limiter
pada motor verza(namun sayang nya saat saya tanyai mereka berapakah top
speednya, tidak ada yang tahu karena semuanya udah ga pake speedo -,- tapi yang
jelas bisa meninggalkan nvl lumayan jauh dan gas belum mentok, wow ga ? ) dan
saya sendiri pun belum mencobanya karena budget yang saya miliki mau untuk
upgrade pada saran setelah ini hehe. Ada satu orang juga yang menggunakan
injektor cb150, Cuma saya tidak berhasil menanyai lebih jauh bagaimana performa
dan topspeednya T_T. Oya untuk injektor ncb, jangan kaget ya penggunaan bahan
bakar kalian akan terpapras banyak sekali, yang normalnya untuk verza 1liter
untuk 48km, jika menggunakan injektor ini katanya 1liter hanya bisa untuk 20an
km, WOW setengahnya loh. Dan harganya ya lumayan terjangkau hanya 365ribu saja.
Keenam, tentu saja kalian tau, ganti gear . Gantinya satu
set ya dan sekalian yang bagus biar bunyi brisik siverza juga ikutan ilang, ini
juga salah satu yang baru saja hari ini saya lakukan, saya mengganti si neng
verza dengan gear set sss(review lebih lanjut di artikel berikutnya hehe). Nah
perlu kalian tahu gear asli verza berukuran 14 / 41 dengan ketebalan 428. Setelah
tanya sana sini digrup, hampir 80persen menyarankan ganti gear dengan ukuran 15
/ 43 , katanya sih untuk speed dapet dan untuk akselerasi juga dapet,
kebanyakan orang menyarankan ini. Namun tidak sedikit orang juga yang
menyarankan gear dengan ukuran 15 / 42 dan rata-rata mereka yang mengatakan ini
karena mereka juga suka dengan kecepatan namun kelemahannya untuk akselerasi
lebih lemes dari 15 / 43 maupun gear aslinya tentunya. Atau jika masih cari
yang sekitaran gear ukuran asli tapi mau agak lebih cepet bisa saja dengan
ukuran 14 / 40 tapi tentunya akselerasi berkurang dan akan terasa untuk
jalan-jalan yang nanjak tenaga akan berkuran wong yang ukuran asli aja buat
nanjak masih kurang apalagi ini. Kalo kalian fanatik kecepatan bisa tuh
menggunakan ukuran 15 / 40 namun saya belum menemui orang yang menyarankan
untuk menggunakan ukuran ini hehe kebanyakan hanya 15 / 43 atau 15 / 42 atau 14
/ 40 dan ada juga yang suka dengan akselerasi bisa dengan ukuran 15 / 44
katanya juga enak nih ukurannya. Oya sebelum nya untuk mengetahui apakah lebih
bagus kekecepatan atau keakselerasi untuk simpelnya aja tapi ya , ada dua hal
yang harus diketahui. Pertama : semakin besar ukuran gear belakang maka semakin
besar pula akselerasinya dan semakin kecil speednya begitu pula sebaliknya
semakin kecil gear belakang maka semakin kecil akselerasinya dan semakin besar
speednya, untuk gear depan itu untuk menyesuaikan saja(saya kurang paham kalo
ini). Dan kedua, untuk lebih mudahnya kita lakukan perhitungan gear ukuran 14 /
41 makan kita bagi saja 41 : 14 = 2,92 nah itulah nilai kecepatan dan
akselerasi standar verza, lalu jika 14 / 40 kan berarti hasilnya 2,86 nah
berarti nilai yang semakin turun ini menunjukan speed yang bertambah dan
akselerasi berkurang, tapi kita ingat kembali teori ukuran gear yg tadi dan
fungsinya gear depan, maka untuk 15 / 43 = 2,86 kan sama tuh dengan yang 14 /
40 , speed bertambah dan akselerasi berkurang namun untuk yang 15 / 43
akselerasi tidak begitu berkurang karena mengingat ukuran gear belakangnya yang
semakin lebih besar dari aslinya, jadi begitulah silahkan pahami sendiri. Oya
tenang saja tidak usah begitu bingung dengan turunnya akselerasi, karena torsi
motor verza juga besar, jadi bisa terimbangi ko.
Ketujuh dan terakhir yang saya tahu, dan ini butuh budget
yang lumayan menguras kantong, yaitu ganti ecu brt juken, katanya sih tentu
lebih sangat bagus karena bisa disetting juga dan ini ecu racing bro walau bisa
diaplikasikan untuk harian sih. Saya sendiri belum bisa kasih review karena
baru akan pasang sekitar bulan februari / maret besok. Ada yang mau bareng?
Haha
Nah itu ketujuh hal yang bisa
dilakuin untuk mendongkrak performa Honda Verza, namun jika Cuma diaplikasikan
salah satu (kecuali yang ketujuh) tentu hasilnya tidak akan jauh berbeda dari
standarnya. Jadi ya paling nda ganti gear, knalpot, resistor / injektor , nah
sepaket yang begini baru bisa banyak berubah.
Contoh saja ada salah satu rider verza yang upload video diyoutube, hanya bermodalkan bensin premium dia bisa lari sampai 120 kmh. Dan ada pula rider verza yang upload video di IG dengan pergantian kenalpot dan gear dia bisa mencapai 130kmh untuk topspeed dan kabarnya gas nya belum mentok alias masih bisa ditambah.
Contoh saja ada salah satu rider verza yang upload video diyoutube, hanya bermodalkan bensin premium dia bisa lari sampai 120 kmh. Dan ada pula rider verza yang upload video di IG dengan pergantian kenalpot dan gear dia bisa mencapai 130kmh untuk topspeed dan kabarnya gas nya belum mentok alias masih bisa ditambah.
Sekian
artikel dari saya, semua ilmu yang saya dapat diatas berasal dari grup facebook
honda verza modifikasi dan saya mengamati, mencermati, memahami lalu
menyimpulkan sendiri, dan ada beberapa info juga yang sudah saya dapatkan dari hasil
bertanya langsung ke orangnya yang verzanya bisa mencapai kecepatan diatas 110
kmh . Sekian dan terimakasih jangan lupa nantikan artikel Honda Verza yang
selanjutnya ya :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Arigato atas kunjungan dan komentar agan. Komentar yang anda berikan menjadi motivasi saya membuat blog ini tetap hidup. Silahkan beri komentar yang berkaitan dengan artikel, blog, saran. Jangan berkomentar dengan bahasa yang tidak sopan.