Review Honda Verza
150cc
Halo
sobat blogger, verzarider,verzakomuniti dan verza mania, ini artikel pertama
saya yang isinya mereview motor, dan motor yang akan saya review adalah Honda
Verza, Kenapa Verza? Karena saya punyanya motor verza hehe. Oke, motor
sportnaked yang satu ini bisa kita angkut hanyaa dengan kisaran harga 16-17
Jutaan sajalah, murah ya untuk sekelas motor sportnaked ini.
Oya untuk info
spesifikasi ini motor bisa kalian cari digoogle aja ya, bertebaran banyak
disitu, yang ada di artikel ini Cuma review saya sebagai seorang rider verza,
saya juga orang awam yang ga begitu banyak tau tentang motor dan saya juga
bukan bagian dari club verza atau komunitasnya haha saya Cuma ikut grup fb nya
Honda Verza Modifikasi sebagai tempat sharing dan cari ilmu.
Nah lanjut
lagi, motor sportnaked yang dibanderol dengan harga segitu, dan review saya
sebagai penggunanya menurut saya ya lumayan lah gak lebih dan gak kurang dan
setidaknya masih setara dengan motor kakaknya si megalodon itu.
Mari kita
mulai review dari saya sebagai seorang pengendara dan review ini motor dalam
keadaan standar ya tidak ada modifikasi mesin danlain-lain dan tentunya tidak
ada maksud lain untuk mengejek atau menjelek-njelekkan motor merek lain :
-
Nah untuk speed, verza ini dengan cc nya yang
150 cc menurut saya kurang tapi tidak terlalu kurang emm lumayan lah, kenapa
karena untuk speed saja ini tidak seharusnya motor 150cc punya speed yang cuma segini
harusnya bisa lebih, masa iya selama saya pake udah 2tahun ini kalo untuk
diajak ngebut sebagai pengendara normal yang suka kebut”an kalo dilampu merah
hehe Cuma bisa dapet speed mentok 110 kmh saja, oh shit kan. Di 110 kmh ini
serasa mesin udah mentok banget dan udah ngos-ngosan loh, udah bergetar juga
untuk keseluruhannya. Saran saya : kalo dilampu merah ada motor vario, cb, old
vixion maupun nvl jangan sok gayaan ya, hehe karena dari awal start ampe speed
kalian mentok ,kalian Cuma bisa ngeliat pantat mereka aja hehe tapi kalo ada
megalodon okelah dari awal ampe akhir kalian bisa mimpin, Cuma ya ga beda jauh. Speed yang Cuma bisa
segini mungkin dikarenakan banyak faktor ya dilihat dari harganya aja yang
segitu so saya kurang tahu.
-
Untuk torsi, wah ini ternyata kelebihannya,
torsinya menurut saya gila, besar cuy, untuk akselerasi gir-gir rendah enak
banget, Cuma ya itu kl dah masuk 4 n 5 ya mulai turun mulai berat. Dengan
torsinya yang besar ini, lepas gas n kopling dikit aja udah njundal serius.
Dari motor yang pernah saya pakai (ncb, beat, vario, supra x 125, vixion, mx
135) menurut saya sebagai pengendara motor, si verza ini punya hentakan awal
yang paling besar (tidak hanya saya yang bilang, tapi teman saya si pengendara
vixion dan teman saya si pengendara klx yang biasanya ikut turnamen nge-tril,
mereka juga bilang gitu, torsinya besar ya / hentakan awalnya kuat banget
setelah mereka mencoba motor saya tentunya) nah kalo dari segi torsi ya
begitulah, motor Verza ini pemenangnya. Tapi ga tau kenapa, kemarin saya lewat
dijalanan nanjak (dikampung asli saya tempat wisatanya kan jalanya nanjak nya
ekstrim lebih dari dieng lo dan lebih nanjak lebih curam juga), saya masih
disalip dan ditinggalin jauh sama old vixion orang daerah situ mungkin gearnya
udah diganti yang besar kali ya atau ada perubahan lain saya kurang paham.
-
Untuk suspensinya, motor ini dijaman yang
sekarang ternyata beda sendiri ya dari nakedsport yang lain, karena sokbeker
nya double cuy haha. Dari pertama saya mau beli motor saya dihadapkan dengan
dua pilihan verza atau cb, dan saya milih si verza karena dari bentuk
sokbekernya keliatan gagah kalo menurut saya dan tentu karena faktor budget
juga sih, ga enak lah bukan uang sendiri masa beli yang mahal haha. Untuk sok
beker ya tau sendirilah kelebihan dan kekurangan double sok, menurut saya motor
ini keras, tapi airback nya cepet loh jadi kalo buat jalan di jalanan rusak tanah
berkerikil bolong-bolong motor ini tetep stabil, Cuma ya itu keras apalagi kalau bolongan
jalannya kecil, tapi kalau bolongannya dalem dan besar hehe shock motor verza
inilah tempatnya, EMPUK cuy.
-
Segi tampilan dan model serta kelengkapan, emm
untuk motor harga segitu ya pastilah banyak part yang akan dipapras habis demi
memenuhi harga yang segitu. Tampilan speedo, buset kaya bebek banget ya, masa Cuma
sampe 140kmh, trus ga ada rpm nya lagi, dari segi speedo emm kurang menarik
banget, tapi kalo malem lumayan enak dilihat kan nyala-nyala gitu hehe ngaco
nya gua. Untuk skitaran body, emm kalo saya sih suka, terlihat ramping tapi
sporty n kerenlah apalagi dengan tampilan doubleshocknya bikin si Verza ini
tambah keren abis. Isi tangki nya sekitar 12,5 liter jadi ya lumayan.
-
Kelebihan dan kekurangannya : emm saya kasih tau
sejujur-jujurnya ya, si Verza ini rantainya berisik banget, baru dikencengin,
selang sehari udah berisik lagi, aduh bikin pusing aja ini motor apalagi kalo
ngerim + kopling buset bunyi krekkrekkrekkrek dirantainya. Tapi yang saya suka
dari ini motor adalah BBM nya IRIT nya bukan main bos, kalau saya baca-baca ya
1liter itu 48km , gila nda? Dari semua motor , motor ini paling irit loh. Tapi
sepengalaman saya, dan sepemakaian saya, 1liter pertamax itu bisa bertahan
sekitar 55km bahkan kadang lebih tapi ini pemakaian saya yang ga kebut-kebutan
dan jalan paling Cuma gir 3 dengan kecepatan 40-50kmh dan itu tidak main geber
gas. Tapi tunggu dulu, saya juga pecinta kebut-kebutan hehe, saya ngebut Cuma -kalau
mudik Jogja-Kebumen kalau menurut google adalah 102km tapi saya kalo mudik itu
muter dulu kekota tetangga untuk menjemput cewe saya lalu saya pulang boncengan,
dan setiap saya mudik saya mendapati sekitar 122-130km-an, saya ngukur dengan
tripspeedo verza, Dan saya juga kebut-kebutan tiap awal lampu merah, main
geber, dan anda tahu? Saya Cuma isi bensin 20ribu dari petunjuk bensin yang
kelip-kelip sampe pulang dan dipake muter-muter sekitar 15km-an dirumah baru
itu bensin kelip-kelip lagi. Jadi dengan kata lain saya mudik+satu hari main dengan
hampir habis yang saya tambah degan bensin pertamax 20ribu sampai itu tengki hampir
habis lagi(isi tengki mungkin 2,9liter-an lah ga sampe 3 liter) udah saya pakai
total km itu skitar 128-140 km an, Nah hemat banget kan
Overall ini
verza emang menurut saya bukan motor speed karena pelan, tapi motor untuk
akselerasi melibas jalanan kota yang ramai ya enaklah, dan motornya cocok buat
bawa barang-barang berat lewat jalan nanjak atau jelek juga cocok diimbangi dengan
suspensi yang ganda dan torsinya yang lumayan besar mengingat gear asli verza
itu kecil ukurannya dan readingnya itu stabil banget dan ya motornya
kakek-kakek atau bapak-bapak lah seperti supra, nyaman banget dari posisi
duduknya. Untuk motor kelas sportnaked dengan harga segitu, honda ngeluarin
siVerza ternyata emang bukan main , ga kurang ga lebih :D
Sekian review
saya untuk motor Verza & motor saya yang keren ini, diingatkan lagi saya
bukan ahli motor tapi saya Cuma sebatas pengendara motor yang normal seperti
kebanyakan, ga lebih dan ga kurang dengan sebuah motor. Apabila ada yang salah
saya kurang tahu, saya mereview hanya berdasarkan pengalaman saya menggunakan
motor tersebut :D dan nantikan lagi artikel selanjutnya yang tentu saja selalu
berkaitan dengan HONDA VERZA 150cc
Spesifikasi motor verza saya :
-keadaan standar
-Cuma ketambahan asesoris saja seperti di foto
-Bensin selalu pertamax
-Oli SPX1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Arigato atas kunjungan dan komentar agan. Komentar yang anda berikan menjadi motivasi saya membuat blog ini tetap hidup. Silahkan beri komentar yang berkaitan dengan artikel, blog, saran. Jangan berkomentar dengan bahasa yang tidak sopan.