KOMUNIKASI BISNIS
Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang beberapa jenis komunikasi
bisnis yang terbarukan, beberapa komunikasi bisnis dibawah adalah komunikasi
bisnis yang banyak digunakan oleh kalayak umum.
Pengertian Komunikasi
Bisnis
Dalam kehidupan suatu organisasi
bisnis, komunikasi merupakan faktor yang sangat penting bagi pencapaian tujuan
suatu organisasi. Seorang pimpinan memerintahkan bawahannya untuk membuat surat
pesanan barang, menjawab atau membuat surat aduan, membuat surat edaran umum,
membuat surat kontrak kerjasama, membuat surat balasan / tanggapan, dan
sejenisnya merupakan hal yang rutin dalam dunia bisnis.
Secara umum
dapat dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis adalah
komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam
bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun nonverbal. Sebagai awal
bahasan dalam komunikasi bisnis, maka akan dibahas antara lain bentuk dasar
komunikasi yang mencakup komunikasi verbal dan nonverbal, proses komunikasi,
sebab-sebab timbulnya kesalahpahaman dalam komunikasi, dan bagaimana cara
memperbaiki atau meningkatkan komunikasi.
Dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu:
1.Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki
tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi
2.Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang
atau lbih yakni komunikator dan komunikan.
3.Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari
pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
4.Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin
bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang
menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
5.Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau
metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan
pesan.
6.Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang
membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan
yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
Bentuk Dasar Komunikasi
Komunikator
yang efektif tentu saja memiliki beberapa alat komunikasi bila ingin
menyampaikan suatu pesan. Mereka tahu bagaimana menempatkan kata yang mampu
membentuk suatu arti, bagaimana mengubah situasi menjadi lebih menarik,
bagaimana mengajak peserta untuk ikut aktif (berpartisipasi) dalam diskusi,
bagaimana menyelipkan humor yang mampu menghidupkan suasana, bagaimana
menyiapkan ruangan yang mampu menghidupkan diskusi, apakah dilakukan melalui
tulisan (written) atau ucapan/lisan (oral). Pada dasarnya ada dua bentuk
komunikasi yang lazim digunakan dalam praktek dunia bisnis maupun nonbisnis
yaitu komunikasi verbal dan nonverbal.
Komunikasi Verbal
(Verbal Communications)
Bentuk komunikasi bisnis yang pertama
dan paling sering digunakan terutama dalam kontak personal adalah bentuk
komunikasi verbal yakni proses penyampaian pesan dengan menggunakan
lembaga-lembaga verbal, maknanya secara kultur disepakati bersama.
Bentuk komunikasi ini terbagi 2,
yakni (1) komunikasi lisan (oral), dan (2) komunikasi tulisan. Perbedaan di
antara kedua bentuk komunikasi itu terletak dalam cara penyampaian pesannya.
Komunikasi lisan pesannya disampaikan secara oral atau lisan dan komunikasi
tertulis pesannya disampaikan secara tertulis. Perbedaan lain yang cukup
mendasar adalah dalam penggunaannya. Komunikasi lisan digunakan bila pesan
tidak kompleks, tidak diperlukan adanya dokumentasi permanen dan apabila
membutuhkan umpan balik langsung dalam interaksi yang berorientasi pada
pemecahan masalah. Sebaliknya, komunikasi tulisan dilakukan bila pesannya
kompleks, dan yang terpenting bila jumlah khalayaknya cukup besar.
Komunikasi verbal merupakan salah
satu bentuk komunikasi yang disampaikan kepada pihak lain melalui tulisan
(written) maupun lisan (oral). Dalam kehidupan sehari-hari seperti Anda
mengirim surat atau telepon kepada orang tua Anda, teman Anda, pacar Anda, Anda
berbincang-bincang atau ngobrol dengan teman Anda, Anda ngerumpi dengan tangga
sebelah, Anda membaca puisi di depan kelas, Anda mempresentasikan makalah dalam
suatu acara seminar, Anda membaca surat kabar, majalah, jurnal, Anda
mendengarkan radio, menyaksikan dan mendengarkan acara televisi dan sejenisnya
merupakan contoh bentuk-bentuk komunikasi verbal.
Dalam dunia bisnis, beberapa contoh
komunikasi verbal antara lain penyampaian pesan melalui surat, memo, teknologi
komunikasi modern, rapat pimpinan, briefing kepada karyawan, wawancara kerja,
dan presentasi. Penyampaian pesan lewat tulisan maupun lisan tentu memiliki
suatu harapan bahwa seseorang akan dapat membaca atau mendengar apa yang akan
dikatakan.
Kelebihan :
O Jarang terjadi kesalapahaman.
O Komunikasi lebih mudah jika berkomunikasi dengan seseorang
dari budaya sendiri.
O Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang bersifat
formal.
O Komunikasi verbal dapat digunakan untuk menyelesaikan
masalah, contoh: diskusi dan rapat.
Kelemahan
O Sering mengalami gangguan, seperti: suara yang gaduh
sehingga komunikasi yang dihasilkan menjadi kurang sempurna.
O Keterbatasan kosa kata, sehingga pesan yang seharusnya
dapat disampaikan dengan baik menjadi
kurang tepat.
O Sulit dimengerti apabila antara komunikator dan komunikan
berlainan bahasa dan budaya, dan mereka
tidak memahami bahasa laan komunikasinya.
Komunikasi Nonverbal
Bentuk komunikasi yang paling
mendasar dalam komunikasi bisnis adalah komunikasi nonverbal. Menurut teori
antropology sebelum manusia menggunakan kata-kata, mereka telah menggunakan
gerakan-gerakan tubuh, bahasa isyarat (body language) sebagai alat untuk
berkomunikasi dengan orang lain. Berikut ini adalah beberapa contoh perilaku
yang ditunjukkan dengan komunikasi nonverbal:
• Seseorang yang
menggigit giginya sendiri (istilah Jawanya : getem-getem) untuk menunjukkan
kemarahan.
• Seseorang yang
sedang tersenyum dan melakukan jabat tangan dengan orang lain untuk mewujudkan
rasa senang, simpati dan penghormatan.
Dalam komunikasi nonverbal orang
dapat mengambil suatu kesimpulan tentang berbagai perasaan orang baik rasa
senang, benci, cinta, rindu dan berbagai macam perasaan lainnya. Lagi pula,
komunikasi nonverbal berbeda dengan komunikasi verbal didalam cara yang cukup
mendasar.
Ada beberapa jenis komunikasi
nonverbal lainnya seperti arti suatu warna dan gerak-isyarat tertentu, yang akan
bervariasi dari suatu waktu ke waktu. Contoh warna gelap seperti hitam
mempunyai makna kedukaan atau kesusahan.
Komunikasi nonverbal juga berbeda
dengan komunikasi verbal dalam hal penyampaian suatu pesan yaitu secara
spontan. Pada umumnya, sebelum menyampaikan sesuatu, seseorang sudah memiliki
suatu rencana tentang apa yang ingin dikatakan.
Kelebihan
O Komunikasi mudah di pahami tanpa harus menjelaskan lebih
lanjut.
O Melengkapi/mempertegas komunikasi verbal.
O Melalui perilaku non verbal seseorang kita dapat mengetahui
suasana emosional orang tersebut.
O Perilaku non verbal dapat menggantikan perilaku verbal.
O Perilaku non verbal lebih jujur dari pada perilaku verbal,
contoh: seorang dosen melihat jam tangannya beberapa kali,padahal dia
mengatakan bahwa dia mempunyau banyak
waktu untuk berbicara dengan mahasiswanya.
Kelemahan
O Kadang terjadi kesalapahaman dalam memahami makna dari
komunikasi non verbal.
O Kurang sopan bila di gunakan dalam komunikasi formal.
O Tidak dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah.
O Komunikasi non verbal hanya bisa dipakai di lingkungan dan
budaya sendiri saja.
Komunikasi Visual
Dalam kegiatan komunikasi bisnis,
kita juga mengenal bentuk komunikasi visual dan komunikasi audiovisual. Kedua
bentuk komunikasi tersebut berkembang seiring perkembangan teknologi otomatis
perkantoran dan teknologi komunikasi atau informasi. Komunikasi visual adalah
penyampaian pesan yang menggunakan simbol-simbol piktorial berupa gambar, foto
atau grafik untuk memudahkan pemahaman dan interpretasi lawan-komunikasi.
Pesan-pesan komunikasi visual setiap hari menerpa kita sejak kita bangun sampai
tidur yang sebagian besar merupakan bagian dari komunikasi bisnis dalam bentuk
iklan komersial. Bentuk komunikasi visual dilakukan untuk (1) memfokuskan perhatian
komunikasi, (2) menarik perhatian, (3) memudahkan pemahaman, (4) membantu
melihat keterkaitan antara waktu dengan kegiatan, serta (5) memudahkan
memberikan interpretasi pada data.
Sedangkan komunikasi audiovisual,
merupakan kegiatan penyampaian pesan melalui simbol-simbol animasi dan suara.
Bila komunikasi visual menyampaikan pesan dengan memanfaatkan gambar diam
(still-picture) maka dalam komunikasi audiovisual, simbol-simbol untuk mengemas
pesan adalah animasi dan suara. Film merupakan salah satu bentuk komunikasi
audiovisual yang populer dalam kegiatan komunikasi bisnis, Sejalan dengan
perkembangan teknologi, bentuk penyimpanan dan penyampaian pesan animatif dan
auditif ini tidak hanya dalam bentuk pita seluloid, seperti film, tetapi juga
kaset video dan piringan cakram.
Keuntungan dan Kelemahan Penggunaan Media Komunikasi
a. Media audio (pendengaran)
Keuntungan:
–
Alatnya
sangat sederhana
–
Mudah
dibuat dan dipergunakan
–
Harganya
relatif murah
–
Dapat
membangkitkan fantasi pendengarnya
Kelemahan:
–
Sulit
dikontrol
–
Kualitas
suara cenderung menurun
–
Apabila
ada kesalahan, harus membuat naskah yang baru
–
Tidak
dapat diperkenalkan hal-hal yang visual
b. Media visual
Keuntungan:
–
Menghemat
tenaga
–
Menghemat
waktu
–
Pembuatan
dan penggunaanya lebih mudah
–
Biaya
pembuatannya relatif murah
–
Informasi
yang disampaikan lebih jelas
Kelemahan:
–
Biasanya
menimbulkan rasa bosan
–
Menimbulkan
gangguan-gangguan yang tidak diinginkan
–
Perlu
waktu yang cukup lama guna menafsirkan pengertiannya
c. Media audio visual
Keuntungan:
–
Tidak
membosankan
–
Informasi
lebih jelas dan cepat dimengerti
–
Informasi
dapat diterima sesuai dengan kenyataan
–
Hasilnya
dapat dimengerti yang sebenarnya
Kelemahan:
–
Kejelasan
suaranya kadang-kadang kurang
–
Memakan
tempat yang luas
–
Biayanya
relatif mahal
–
Perlu
waktu di dalam persiapan
Kesimpulannya, begitu pentingnya
sebuah komunikasi didunia ini, bayangkan apabila tidak ada komunikasi tentunya
akan sering terjadi yang disebut dengan miss-comunication. Dan itu juga berlaku
bagi dunia ekonomi, dalam aspek ekonomi atau bisnis komunikasi memegang peran
penting untuk menentukan keberhasilan sebuah perusahaan mewujudkan visi dan
misinya.
Dan mengapa komunikasi sangat
penting dalam bisnis, karena :
• 70 - 90% dari
seorang pebisnis dihabiskan untuk komunikasi
• Perubahan dalam
management diselesaikan melalui proses komunikasi
• Fungsi management
dilakukan melalui komunikasi
• Meningkatkan ukuran
dan kompleksitas dari perusahaan bisnis
• Meningkatkan
spesialisasi Increasing specialization.
• Meningkatkan
desentralisasi
Dan melalui
komunikasi individu dapat menggapai apa yang dia impikan seperti untuk
mendapatkan promosi jabatan, mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, dan
lain-lain.
Dan satu hal
yang sangat mendukung / mendorong komunikasi dalam bidang ekonomi saat ini
adalah ilmu teknologi atau teknologi. Kemajuan teknologi dalam komunikasi telah
memungkinkan terciptanya kerja sama dengan berbagai pihak, kapan pun dan dimana
pun berada. Penggunaan internet, e-mail, voice mail, dan faks memudahkan para
pihak untuk bekerja tidak dalam satu lokasi. Bekerja tidak perlu dilakukan di
kantor konvensional, tetapi juga bisa di rumah, di jalan, atau di berbagai
negara. Komputer saku dan telepon genggam saat ini sudah cukup dijadikan ruang
kerja yang mudah dibawa kemana saja. Teknologi tidak hanya mengubah cara-cara
berkomunikasi, tetapi juga mengubah cara kerja.
Walaupun demikian, ada beberapa
kelemahan dari kemajuan teknologi yang mesti diwaspadai. Menggunakan teknologi
komunikasi ketika berada jauh dari kantor menimbulkan kesulitan untuk
memisahkan antar kehidupan di kantor dengan kehidupan di rumah. Lebih lanjut
lagi, teknologi internet bisa menghasilkan informasi yang berlebihan.
Akibatnya, pelaku bisnis dibanjiri oleh informasi yang jauh lebih banyak
daripada yang dapat diproses secara efektif.
Namun terdapat juga banyak manfaat
dari adanya kemajuan teknologi bagi dunia bisnis, yaitu :
– Munculnya peluang bisnis baru yakni E-Business.
Dengan kemajuan teknologi dan
informasi, hal tersebut mendorong beberapa orang untuk menciptakan beberapa
inovasi yang sangat menguntungkan dan bisa dijadikan sebagai ranah bisnia yang
sangat menguntungkan bagi semua orang. Salah satu bukti nyata bisnis baru yang
merupakan pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi adalah Google. Google
merupakan salah satu contoh dari E-Commerce atau E-Business. E-Business
merangkap berbagai hal seperti teknologi jaringan, lowongan pekerjaan, layanan
customer, dll. Google merupakan sebuah bukti nyata dimana search engine
tersebut banyak digunakan oleh semua orang dan memudahkan semua orang dalam
mencari sesuatu di internet. Hal yang paling penting adalah, Google meraup
banyak keuntungan dari hal tersebut.
– Memperluas Pangsa Pasar.
Salah satu manfaat IT dalam bidang
bisnis adalah memperluas pangsa pasar. Dengan adanya kemajuan teknologi dan
informasi, para pelaku bisnis dapat memantau beberapa daerah yang berprofit
tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup keuntungan demi keberlangsungan
bisnis yang mereka lakukan. Contohnya, Indonesia merupakan sebuah negara yang
terdiri dari banyak SDM yang mencapai angka ratusan juta. Hal ini menarik para
pelaku bisnis besar untuk mengepakkan sayap dan memproduksikan bisnisnya ke
Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu contoh dalam upaya para pelaku
bisnis dalam memperluas usaha bisnisnya.
– Mengurangi biaya produksi dan operasional.
Kemajuan teknologi dapat membantu
setiap perusahaan dalam mengurangi biaya produksi dan juga mengurangi
operasional. Hal tersebut bisa terlihat dari setiap perusahaan yang menggunakan
mesin dalam melakukan pekerjaannya. Hal tersebut dapat membantu setiap perusahaan
dalam mengurangi biaya produksinya sehingga mereka bisa mencapai prinsip
ekonomi dimana mereka dapat mendapatkan keuntungan yang besar dengan hanya
mengelurkan pengeluaran yang sedikit. Manfaat IT yang lainnya yaitu mengurangi
operasional setiap perusahaan sehingga hal ini dapat menambah jumlah produksi
setiap perusahaan dalam memproduksi barang produksinya. Hal ini tentu sangat
menguntungkan bagi setiap perusahaan terutama bagi mereka yang sudah menerapkan
teknologi yang canggih dalam perusahaannya
– Mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap
karyawan.
Manfaat IT yang terakhir bagi dunia
bisnis adalah mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan yang
bekerja. Untuk proses komunikasi, setiap karyawan tidak perlu lagi repot-repot
datang ke ruang rapat dan berkumpul bersama. Mereka bisa melakukan
teleconference untuk saling berkomunikasi mengenai beberapa ide. Hal ini
membuat rapat menjadi lebih praktis dan menyenangkan tanpa perlu jauh-jauh
datang ke tempat rapat. Selain itu, hal tersebut juga bisa digunakan untuk
mengawasi kinerja para karyawan. Sang pemimpin perusahaan bisa tetap mengawasi
kinerja karyawan dalam perusahaannya dengan memakai beberapa metode seperti
metode komunikasi dengan mangaer dari perusahaan tersebut.
Jadi pada kesimpulan akhir, komunikasi bisnis yang
terbaru saat ini adalah dengan adanya kemajuan teknologi yang telah membuat
komunikasi dalam bidang bisnis menjadi lebih berkembang pesat daripada dahulu.Tugas Komunikasi Bisni tentang resume pengertian komunikasi bisnis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Arigato atas kunjungan dan komentar agan. Komentar yang anda berikan menjadi motivasi saya membuat blog ini tetap hidup. Silahkan beri komentar yang berkaitan dengan artikel, blog, saran. Jangan berkomentar dengan bahasa yang tidak sopan.